Jakarta E-Prix, Penyelenggara Uji Coba Pelapisan Lintasan

Jakarta E-Prix, Penyelenggara Uji Coba Pelapisan Lintasan
Ilusyrasi, balapan E-Formula di China - dok.LAT Images

Jakarta, Motoris – Penyelenggara Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix tengah melakukan uji coba lapisan aspal di atas cobblestone (paving block) Monas sebagai salah satu tahapan penyelenggaraan balap mobil Formula listrik itu. Ada dua material lapisan yang saat ini diuji coba untuk dipilih yang tepat.

“Saat ini ada dua material yaitu sand sheet atau geotextile. Dan pemilihan itu akan dilakukan berdasarkan hasil proses pengelupasan, termasuk efeknya terhadap cobblestone yang terlapisi,” papar Deputi Bidang Teknis Formula E, Wisnu Wardhana dalam keterangan resmi, Sabtu (22/02/2020) lalu.

Menurut dia, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) pada Jumat (21/2/2020) lalu melakukan metode pelapisan cobblestone atau paving block seluas 60 meter persegi. Panjang lintasan yang dilapisi 15 meter dan lebar empat meter.

“Proses uji coba dimonitor oleh para ahli. Mekanisme ini umum dilakukan di Paris, Perancis dan Roma, Italia selaku salah satu negara penyelenggara Formula E,” terang Wisnu.

Ilustrasi, lonferensi pers E-Formula 2020 di Jakarta – dok.Kompas.com

Targetnya, proses ui coba ini sudah rampung dalam waktu 1,5 bulan. Adapun wilayah yang dilakukan pengaspalan adalah Monas bagian barat daya, barat, selatan, sebagian timur, serta tenggara.

“Ini merupakan standar yang diterapkan oleh FIA di setiap lokasi yang akan melakukan perlombaan Formula E. Di Paris, sirkuit Formula E mengitari situs Les Invalides yang umurnya 350 tahun. Maka, setiap selesai gelar Formula E aspalnya dikelupas dan kembali seperti sedia kala,” imbuh Wisnu.(Kpr)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This