Gegara Virus Corona, Laga MotoGP Thailand Ditunda

Gegara Virus Corona, Laga MotoGP Thailand Ditunda
Petronas Yamaha SRT Ikustrasi - dok.Getty Images via NBC Sport

Bangkok, Motoris – Laga balap seri kedua MotoGP 2020 yang rencananya digelar di sirkuit Bruriram, Provinsi Buri Ram, Thailand 20 – 22 Maret nanti dinyatakan ditunda dengan alasan untuk mencegah kemungkinan paparan virus corona. Penundaan ini dilakukan hingga waktu tak terbatas dengan patokan penyebaran virus yang mematikan itu dinyatakan benar-benar telah mereda.

Seperti dilaporkan laman Bangkok Post, Senin (2/3/2020), Wakil Perdana Menteri yang juga Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand, Anutin Charnvirakul, mengatakan keputusan tersebut diambil setelah pemerintah bertemu dengan panitia penyelenggara ajang balap paling bergengsi di dunia itu.

“Kita perlu menunda Grand Prix Thailand OR 2020 di Buri Ram yang dijadwalkan akhir Maret untuk jangka waktu tidak terbatas. (Keputusan ini) melihat sejak Covid-19 (virus corona) dinyatakan sebagai penyakit menular berbahaya yang telah menyebar ke seluruh dunia. Ini untuk mencerminkan keseriusan pemerintah dalam menangani masalah ini. Perdana Menteri telah diberitahu tentang keputusan ini, ” papar Anutin.

Penundaan – atau tepatnya pembatalan jadwal pelaksanaan MotoGP 2020 Thailand ini – menyusul dibatalkannya laga seri perdana MotoGP musim balap 2020 itu di sirkuit Losail, Qatar. Sebelumnya, Federasi Balap Sepeda Motor Internasional (FIM) pada Minggu (1/3/2020) mengumumkan pembatalan penyelenggaraan laga balap yang semstinya digelar Minggu (8/3/2020) nanti.

Ilustrasi – dok.Crashnet

Sementara, FIM seperti dilansir laman MotoGP, Selasa (2/3/2020) dalam pernyataannya menyesal dengan adanya penundaan gelaran di Thailand tersebut.

“Ketika wabah global coronavirus terus berkembang, pemerintah Thailand telah mengomunikasikan bahwa tidak mungkin untuk mengadakan Grand Prix OR Thailand pada tanggal yang semestinya. FIM, IRTA, dan Dorna menyesal mengumumkan bahwa acara tersebut, yang akan diadakan pada 22 Maret di Buriram, telah ditunda,” bunyi pernyataan tersebut.

Namun, FIM mengaku bersama IRTA dan Dorna tengah mengevaluasi untuk mencari tanggal alternatif, jika laga di Thailand itu kembali digelar. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This