Yamaha Sanggah Petronas, Quartararo di Timnya saat MotoGP 2021

Yamaha Sanggah Petronas, Quartararo di Timnya saat MotoGP 2021
Fabio Quartararo - dok.Visordown

Lesmo, Motoris – Tim Balap MotoGP Yamaha atau Movistar Yamaha MotoGP menegaskan pada musim balap tahun 2021 nanti pembalap Fabio Quartararo bakal membalap untuk tim itu dan bukan di Petronas SRT. Meski balapan MotoGP tahun 2020 ditiadakan sekali pun.

Klaim tim yang bermarkas di Lesmo, Italia, itu sekaligus menyangkal klaim Tim Petronas SRT yang menyatakan Quartararo masih terikat kontrak karena balapan di musim 2020 tak digelar gegara wabah virus corona.

Seperti dilaporkan laman Skysport dan Visordown, Jumat (10/4/2020), penegasan tersebut dungkapkan Manajer Tim Pabrikan Yamaha itu, Massimo Meregalli. Dia menegaskan, klaim pihaknya atas Quartararo didasarkan pada perjanjian yang telah dibuat tim dengan pembalap kelahiran Prancis, 20 April 1999 itu.

“Semua perjanjian yang dibuat dengan Fabio Quartararo untuk musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 akan tetap berlaku meskipun musim 2020 tidak berlanjut,” tandas Meregalli.

Fabio Quartararo saat berlaga di salah satu seri balap MotoGP – dok.Autosport

Pekan lalu bos SRT Petonas Yamaha Razlan Razali membuat pernyataan yang menyebut pihaknya masih memiliki klaim atas kewajiban Quartararo jika musim 2020 tidak dapat digelar karena pandemi virus corona. Alasannya, dengan kondisi seperti itu – balapan tak digelar karena wabah – maka masa berlaku perjanjian juga otomatis diperpanjang hingga tahun depan.

“Kami harus berdiskusi soal apa yang akan terjadi jika balapan tahun ini tak digelar. Kami ingin melanjutkan 2021 seperti 2020 dengan struktur yang sama (berarti Fabio Quartararo tetap di Petronas SRT). Saya rasa ini hal yang harus kami perjuangkan,” kata Razlan Razali seperti dikutip laman Crashnet, Selasa (7/4/2020).

Dia menegaskan, jika laga MotoGP musim balap 2020 saat ini ditiadakan maka pihaknya berasumsi bahwa pada musim balap tahun 2021 nanti semua tim balap akan mempertahankan susunan pembalapnya seperti pada musim baap 2020 sekarang.

Valentino Rossi dan Fabio Quartararo – dok.Istimewa via Motorsportmagazine

“Karena itu, kami akan berusaha dan memperjuangkan Fabio agar tetap bersama kami dalam menjalani musim terakhir (sesuai dengan perjanjian sebelum dia berpindah ke tim Yamaha,” ujar Razali. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This