Restorasi Gila BMW 507 Bekas Milik Elvis Presley (2)

Restorasi Gila BMW 507 Bekas Milik Elvis Presley (2)

California, Motoris – Kekacauan perjalanan riwayat mobil BMW 507 bekas milik Raja Rock N’Roll Elvis Presley mulai terjadi ketika pemilik barunya – penyiar radio Tommy Charles – membawanya ke kota Alabama, dan digunakan di ajang balap. Untuk keperluan ini, mesin V8 alumunium bawaan pabrik dilengserkan dan diganti dengan mesin V8 buatan Chevrolet.

Bahkan,  struktur rangka bagian depan dipotong secara radikal demi memasukan mesin yang berdimensi lebih besar tersebut. Tak cuma itu. Transmisi dan as roda belakang juga turut diganti. Begitu pun dengan panel instrumen pada dasbor.

Hasil modifikasi ini memang cespleng. Terbukti Tommy berhasil memenangi balapan di Daytona Beach, Florida, yang diikutinya. Kegemilangan ini berlanjut di sejumlah balapan sebelum dia melego BMW 507 itu pada tahun 1963. Tapi, babak ini semakin mengaburkan silsilah pemilik mobil pertama, Elvis Presley.

Singkat cerita, setelah dua kali berpindah tangan atas hak kepemilikan, BMW 507 70079 itu akhirnya hijrah ke California. Itu terjadi saat seorang engineer pesawat terbang di kota Half Moon Bay, California bernama Jack Castor membelinya pada 1968.

Jack yang seorang kolektor mobil klasik sesekali menggunakan untuk aktivitasnya sehari-hari. Namun itu tak berlangsung lama. Dia memutuskan untuk menyimpannya di gudang. Meski, sejatinya Jack berniat merestorasinya secara perlahan-lahan.

Baca juga: Restorasi Gila BMW 507 Bekas Milik Elvis Presley (1)

Selain penyok di bagian belakang dan depan, BMW 507 bekas milik Elvis Presley ini juga diselimuti debu tebal tak terawat – dok.istimewa

Hanya, rencana hanyalah rencana. Jack larut dalam kesibukannya, sehingga tak sempat menyentuh lagi BMW 507 itu hingga dia pensiun.

Namun, satu hal yang tak lupa dilakukannya adalah membuat catatan yang rapi soal segala hal tentang BMW 507 itu. Catatan itulah yang membantunya menguak siapa jati diri mobil tersebut.

Terbukti, saat suatu hari,  wartawan otomotif Jackie Jouret yang mengulas teka-teki dan misteri BMW 507 bekas Elvis Presley, Jack langsung ‘nyambung’.  Sesaat setelah membaca artikel itu, Jack Castor, begitu yakin mobilnyalah yang dimaksud di artikel tersebut.

Ciri-ciri mobil yang diulas itu dia percaya sama persis dengan mobil miliknya. Jack pun mengirim surat ke media yang menerbitkan artikel itu, dan menyatakan bahwa BMW 507 bernomor chassis 70079 adalah miliknya.

Jatidiri diketahui
Dengan penuh semangat Jack mengundang Jackie Jouret untuk melihat langsung mobil itu. Bekas tunggangan Elvys itu teronggok di gudang yang bersama koleksi mobil klasik lain yang diselimuti debu tebal.

Gayung bersambut. Sang wartawan meyanggupinya. Dia bergegas datang memenuhi undangan tersebut.

Baca juga: Rolls-Royce dan Kemegahan Royal Wedding Kerajaan Inggris

Wujud asli Roadster BMW 507 sebelum dilakukan restorasi – dok.Istimewa

Setibanya di rumah Jack, jurnalis itu tak sabar untuk segera untuk memeriksa mobil yang diklaim sebagai mobil bekas milik Elvis Presley tersebut. Setelah berbincang sejenak, mereka segera ke gudang penyimpanan mobil itu.

Jackie langsung melongok ke bagian mesin agar bisa melihat langsung nomor chassis mobil. Sementara, Jack memegang tali untuk menahan kap mesin agar lebih leluasa memeloti bagian demi bagian di dalam ruang mesin.

Bagian demi bagian BMW 507 itu dibongkar – dok.Istimewa

Tak berselang lama dia menemukannya. Jackie yakin mobil itu benar-benar BMW 507 dengan nomor chassis 70079 yang selama ini misterius.

Setelah itu, Jackie Jouret langsung menghubungi BMW Group Classic untuk memberitahu bahwa BMW 507 bekas Elvis Presley telah ditemukan. Dia merasa girang bukan kepalang lantaran berhasil menguak misteri jati diri mobil yang sebelumnya menjadi misteri.

Sedangkan Jack Castor semringah, karena mobil yang dikoleksinya benar-benar bekas milik seorang bintang yang pernah mengukir sejarah…. Bersambung (Adp)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Nissan Terra Siap Menggoyang Fortuner dan Pejero Sport.

CATEGORIES
TAGS
Share This