Restorasi Gila BMW 507 Milik Elvis Presley (3)

Restorasi Gila BMW 507 Milik Elvis Presley (3)

California, Motoris – Setelah mendapatkan kepastian bahwa mobil koleksinya benar-benar bekas milik Elvis Presley, Jack Castor semakin sayang dengan BMW 507 itu. Dia tak berniat untuk menjualnya.

Tetapi, setelah beberapa kali melakukan diskusi dengan Klaus Kutscher and Axel Klinger-Köhnlein, pakar restorasi mobil klasik dari BMW Group Classic hingga beberapa tahun, hatinya luluh. Dia akhirnya setuju untuk melegonya.

Hanya, pakar mesin pesawat itu mengajukan catatan, BMW Group Classic boleh membeli BMW 507 ini, namun harus direstorasi secara otentik sesuai dengan rencananya semula. Setelah sepakat, musim semi tahun 2014, mobil bernomor chassis 70079 itu dikirim menuju Jerman dengan menggunakan kontainer, berikut semua suku cadang yang telah dikumpulkan Jack Castor.

Rangka bagian depan yang pernah diptong dikembalikan seperti semula dengan gemotri yang sama seperti sediakala – dok.Istimewa

Setibanya di Munich, Jerman, BMW 507 ini dipamerkan di BMW Museum dan selanjutnya masuk ke fasilitas khusus BMW Group Classic untuk menjalani restorasi panjang. Penguraian panel bodi yang tadinya direncanakan selama dua hari, molor menjadi seminggu penuh.

Kembali Semula
Cat bodi pun dilepas menggunakan cairan asam dan alkalin. Semua komponen mekanis dan interior ikut ditanggalkan. Banyak komponen yang harus dibuat kembali, karena stok suku cadang BMW 507 memang sangat terbatas. Pun di gudang BMW Group Classic sendiri.

Pembuatan komponen yang melibatkan tangan terampil para pengrajin pun tak terelakkan, meski dengan prosedur produksi berstandar modern. Panel instrumen dibuat secara presisi.

Material dashboard, setir, panel, hingga j

Komponen interior yang menggunakan material kulit dibuat secara cermat dengan acuan dari foto dan katalog BMW tahun 1950-an. Sedangkan sabut kelapa yang digunakan sebagai bagian dalam jok diganti baru, seiring dengan rekonstruksi struktur jok.

Tuas pemutar kaca pintu dan gagang pintu yang sudah hancur, dibuat melalui proses 3D printing berteknologi canggih. Alhasil, tingkat akurasinya sesuai dengan dimensi asli.

Gagang pintu dan tuas pemutar kaca jendela dibuat secara khusus oleh perajin dengan standar modern – dok.Istimewa

Mesin dirakit kembali

Mesin V8 3,2 liternya juga dirakit kembali, dengan menggunakan suku cadang asli dan komponen rekondisi yang sesuai dengan spesifikasi orisinal BMW 507. Struktur rangka bagian depan yang pernah dipotong demi mesin V8 Chevrolet, direproduksi dengan sudut geometri sesuai asli dan terintegrasi dengan striktur lantai bodi.

Mesin kembali menggunakan bawaan pabrik seperti sediakala – dok.Istimewa

Sementara, semua komponen struktur atap soft top dibuat ulang dengan menggunakan material dan metode pemasangan sesuai aslinya. BMW Group Classic tidak mau berkompromi dengan tingkat keaslian dalam proses itu.

Pabrikan juga mengembalikan warna aslinya dan seperti keinginan Jack Castor, yakni Feather White.

Tak sempat melihat
Hanya sayang, di tengah proses restorasi ambisus ini berlangsung berita sedih datang, Jack Castor menghembuskan nafas terakhir di usia 77 tahun pada November 2014. Dia berpulang ke pangkuan Sang Khalik lebih cepat dari tenggat jadwal restorasi.

Dia belum sempat melihat wujud sempura BMW 507 ber-chassis 70079 yang dia impikan. Tapi, Jack akan tersenyum puas di alam sana. Sebab, mobil yang seolah menghilang selama hampor 50 tahun dan dikira musnah itu kembali lahir.

BMW 507 itu tampil di ajang Pebble Beach Concours dElegance di California, Amerika, 21 Agustus 2016 – dok.Istimewa

Setelah dua tahun direstorasi dan kembali dalam wujud asli, BMW 507 itu tampil di ajang Pebble Beach Concours dElegance di California, Amerika, 21 Agustus 2016. Dia hadir seperti saat pertama kali Elvis Presley jatuh hati dan meminangnya pada 20 Desember 1958. (disarikan dari berbagai sumber – habis). (Adp)

CATEGORIES
TAGS
Share This