DP Motorsport 911 Sleeper 3.2 Pangkas Bobot 280 Kg!

DP Motorsport 911 Sleeper 3.2 Pangkas Bobot 280 Kg!

Stuttgart, Motoris – Banyak cara untuk merayakan momen istimewa dalam perjalanan hidup, salah satunya dilakukan karenanya DP Motorsport. Rumah tuning spesialis Porsche asal Jerman ini merayakan hari jadinya sekaligus melahirkan karya terbarunya, DP Motorsport 911 Sleeper 3.2

DP Motorsport membangun ulang 911 lansiran 1986. Konsepnya menciptakan mobil balap berbobot ringan yang ideal untuk kebutuhan track day, namun tetap kelihatan layaknya mobil normal.

Buat petrolhead baru, nama DP Motorsport mungkin kalah pamor saat ini dibandingkan dengan Singer Vehicle Design atau Rauh-Welt Begriff. Namun, bagi para penggemar Porsche era 1970-an hingga 1980-an, DP Motorsport jadi kiblat modifikasi Porsche yang fenomenal.

Perusahaan yang dimiliki oleh Ekkehard Zimmermann ini memiliki sejarah panjang dalam membangun bisnis modifikasi Porsche, terutama di dunia motorsport.

Baca juga: Restorasi Gila BMW 507 Bekas Milik Elvis Presley

Konsep modifikasi sangat apik, tapi ekstrem bisa mengurangi bobot sampai 280 kg. dok. DP Motorsport

Sentuhan Khusus

Design und Plastik, adalah komponen utama sekaligus sentuhan khusus yang selalu tertanam di benak Ekkehard Zimmermann.

Dalam artian, ia merancang dan membuat panel maupun komponen bodi berbobot ringan, yaitu Glass Reinforced Plastic (GRP) atau yang lebih dikenal sebagai fiberglass. Pada 1973, Ziemmermann mengawalinya dengan merancang spoiler untuk Porsche 911, yang menghasilkan nilai aerodinamika sangat baik.

Hasil modifikasi Ekkehard Zimmermann tersebut menarik perhatian Erwin Kremer dan Manfred Kremer yang juga punya bengkel Porsche di Cologne. Kedua kakak-beradik ini juga selalu mengikuti ajang motorsport menggunakan Porsche.

Dua tahun kemudian (1975), Ekkehard Zimmermann mengembangkan bodi Porsche 911 versi balap, khusus untuk Tim Balap Kremer. Sejak itu DP Motorsport selalu intens menciptakan komponen bodi Porsche untuk kebutuhan balap, hingga era 1980-an.

Berbekal kepiawaiannya melakukan modifikasi pada mobil balap, Ekkehard Zimmermann melebarkan usahanya dengan memodifikasi mobil untuk kebutuhan jalan raya, salah satunya menciptakan DP Motorsport 935 yang berbasis Porsche 911.

Karyanya tidak terfokus pada penampilan semata, namun lebih kepada fungsi dan optimalisasi pada bodi, serta tetap memperlihatkan bentuk mobil sesuai aslinya. Kini, aspek tersebut tetap diaplikasikan pada DP Motorsport 911 Sleeper 3.2.

Baca juga: Toyota Corolla DX, Memori Sekaligus Investasi

Hendel pintu Porsche 911 ini sengaja dibolongi, demi memangkas bobot. dok DP Motorsport

Legacy DP Motorsport

Proyek terbaru ini dibuat atas ide Patrick Zimmermann, putra Ekkehard Zimmermann, yang ingin meneruskan legacy DP Motorsport. Meski terlihat tidak ada yang mencolok dan terlihat layaknya 911 biasa, tapi aura misterius masih terasa. Alasan ini yang membuat DP Motorsport memberi julukan Sleeper pada karya terbarunya ini.

Porsche 911 ini menyimpan sejumlah rahasia di balik tubuhnya. Bobot bodi merupakan perhatian utama bagi Patrick Zimmermann dan tim DP Motorsport dalam melakukan transformasi.

Bodi yang ringan diperoleh berkat penggunaan material serat karbon di banyak bagian bodi. Kaca jendela orisinal dilengser, demi pengaplikasian kaca bermaterial plexiglass. Bahkan hendel, engsel  pintu, dan berbagai bracket tak luput dari proses peringanan dengan menggunakan bor.

Singkat kata, jika ada 1 inci permukaaan komponen bodi yang tidak bermanfaat, maka teknisi DP Motorsport pun akan menyingkirkannya.

Usai proses peringanan tersebut, bodi Porsche 911 ini berhasil diet hingga 280 kg, sehingga memiliki bobot akhir sekitar 905 kg saja!

Pun setelah DP Motorsport memasang roll bar sebagai fitur keselamatan. Selanjutnya, sekujur bodi dilabur dengan kelir Felsengrün atau metallic rock green, meski sekilas terlihat seperti abu-abu tua. Sampai dengan titik ini, pengurangan bobot bodi akan meningkatkan kemampuan akselerasi, ketajaman pengereman, dan kelincahan berkendara.

Baca juga: MR2 Rally Look, Sedan Mid-Engine Legendaris Toyota

Mesin tak lupa dioprek, sehingga menghasilkan tenaga lebih besar. dok DP Motorsport

Oprek Mesin

DP Motorsport tak luput mengoprek sumber tenaga mobil, dengan memadukan mesin air-cooled 6 silinder 3.2 liter dengan camshaft 288 derajat buatan Schrick. Ukuran throttle valve yang diperbesar hingga 67 mm, flywheel yang diperingan, sepasang catalytic converter dengan 100 sel buatan HJS, serta sistem gas buang ala Porsche RSR yang terbuat dari material titanium, dibenamkan.

Hasil kombinasi itu, menghasilkan tenaga maksimum 270 hp dan torsi puncak 307 Nm. Memang angka-angka itu tidak terlalu signifikan, namun perlu diingat bahwa mobil ini hanya berbobot 905 kg saja. Transmisi 915 5-speed pada mobil ini juga dilengkapi dengan limited slip differential dan pendingin oli eksternal.

Sektor chassis, DP Motorsport menggunakan sokbreker Bilstein berspesifikasi street/sport, bushing polyurethane buatan Super Pro, dan komponen kaki-kaki Uniball. Strut bar buatan khusus akan menghasilkan kekokohan pada bagian depan. Agar tetap terlihat tenang, DP Motorsport memasang velg Fuchs berukuran 7 x 16 dan 9 x 16 yang dibalut ban Michelin semi-slick 225/50 R16 serta 245/45 R16. Sedangkan, fitur pengereman menggunakan sistem yang diadopsi langsung dari Porsche 964 Carrera 2.

Baca juga: Dibanderol Rp 600 jutaan, Ferrari Kayu Laku Dua Unit

Interior dibuat gaya balap, tanpa power steering, ABS, apalagi EBD. dok DP Motorsport

Interior

Pada interior DP Motorsport 911 Sleeper 3.2 menggunakan jok bucket Lollipop seperti pada Porsche 935 versi balap, plus sabuk pengaman 4 titik buatan Willans. Lantai kabin dibalut karpet 911 Lightweight, seiring dengan penggunaan setir model sport berdiameter 350 mm, dan tentunya roll bar DP Motorsport spesifikasi Club Sport.

Mobil ini juga memiliki pemanas kaca depan yang berguna saat musim dingin dan instalasi perkabelan dengan spesifikasi balap.

Tapi, 911 Sleeper ini tanpa sistem power steering, ABS, maupun ESP. Artinya, si pengendaranya wajib memiliki skill tinggi, namun di sisi lain adalah memungkinkan ia dapat menikmati pengalaman berkendara tanpa batas.

DP Motorsport selalu taat kepada istilah: ‘Lightweight, for an absolute driving experience’. Semua unsur keringanan hanya terbatas pada bobot fisik saja. Mengenai nilai yang sepadan dengan DP Motorsport 911 Sleeper 3.2, sudah dipastikan tidak ‘ringan’.

Bagi yang tertarik, DP Motorsport memasang label harga 89.911 euro atau Rp 1,49 miliar untuk karya terbarunya ini.

Tapi jika ada pemilik Porsche 911 yang menginginkan mobil kesayangannya dimodifikasi seperti Sleeper ini, DP Motorsport bersedia melakukannya dengan biaya yang sedikit lebih ringan. (Adp)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya – Tujuh Merek Mobil Tewas.

DP Motorsport 911 Sleeper 3.2, terlihat seperti mobil sport normal, tapi punya kemampuan balap yang mumpuni. dok. DP Motorsport

CATEGORIES
TAGS
Share This