Jumpa Toyota Corolla 1600 GT Asli, Bukan Ala-ala!

Jumpa Toyota Corolla 1600 GT Asli, Bukan Ala-ala!

Jakarta, Motoris – Apa ada yang di dalam benak Anda jika mendengar kata Corolla DX? Mobil memori, jadul, retro, era 1980-an, berbagai kenangan masa lalu.

Boleh jadi, Corolla generasi keempat ini lagi naik daun pada saat ini. Banyak pehobi otomotif berlomba-lomba memburu DX lawas yang pernah dipasarkan di Indonesia. Beragam aliran modifikasi bisa diaplikasi, misalnya rally look. Tapi, gaya dandan yang paling jamak adalah ala-ala GT Style.

Buat Corolla generasi keempat, varian GT merupakan yang teratas dan termewah. Tampilan dengan bemper karet dengan lining krom jadi ciri khas. Kemudian lis Pilar C dan pelipit pintu krom, sepasang spion tanduk GT electric, dan sentuhan lampu belakang GT lines, biasanya jadi aksesori wajib, buat aliran GT Style.

GT Asli

Tetapi beda dengan Mister Kabul, begitu ia biasa disapa. Dia bukan mendadani mobilnya dengan gaya GT, sudah punya Corolla GT generasi keempat yang asli bukan yang ala-ala.

Baca juga: Ke Mana Saja yang Penting Naik Mobil Retro

Di balik kap, mesin Corolla GT, 1.600 cc, jadi terasa istimewa. dok. Motoris

Dari penampilan luar, memang Corolla GT ini nyaris tanpa beda dengan model umum. Paling emblem GT merah dan DOHC pada gril jadi pembedanya. Tapi, ketika membuka kap, mesin legendaris 2-TG 4 barrel Carbs 1600 cc, langsung terasa istimewa.

“Meskipun sudah berumur dan mencari sparepart-nya lumayan susah, mesin ini masih enak untuk diajak turing” kata Mister Kabul yang tergabung dalam komunitas Bocah Turing Retro saat di temui Motoris, Minggu (20/05/2018).

Ketika masuk ke dalam kabin, baru terasa beda GT ini dari model umum (Corolla DX). Sekujur interior Corolla GT ini bernuansa hitam. Biasanya Corolla DX berbalut nuansa coklat muda. Sentuhan aksen panel kayu pada konsol AC, serta door light di sebelah kanan bawah setir, juga jadi pembeda.

Tampilan unik lain, di sebelah kiri dasbor, terdapat indikator oli. “Cari indikator ini sekarang sudah susah banget, Alhamdulillah-nya saat beli dari orang sebelumnya sudah ada,” kata Mister Kabul.

Baca juga: Rolls-Royce dan Kemegahan Royal Wedding Kerajaan Inggris

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Geng Astra Bilang Mobil Cina Lawan Berbahaya.

Sejarah Singkat

Cerita singkatnya, Toyota Corolla generasi keempat diproduksi rentang 1930-1983, dengan beragam varian. Corolla ini diproduksi dengan kode rangka E70.

Varian yang paling banyak populasinya di Indonesia, adalah Corolla DX, dibekali mesin 1.300 dan 1.500 cc. Kemudian ada varian GL dengan komposisi pilihan mesin sama.

Kemudian ada juga varian SE, yang dipasarkan dengan mesin 1.500 cc saja. Baru kemudian varian termewah, Corolla GT generasi keempat berbekal mesin 1.600 cc.

Khusus di Indonesia, Toyota hanya menjual Corolla DX berbekal mesin 1.300 cc. Jadi, sudah pasti Corolla GT generasi keempat punya Mister Kabul barang langka di Indonesia! (Rev)

Dari tampilan luar, perbedaannya minimalis dengan DX normal. dok. Motoris

CATEGORIES
TAGS
Share This