Toyota Soarer GZ20, Impian yang Jadi Kenyataan

Toyota Soarer GZ20, Impian yang Jadi Kenyataan

Jakarta, Motoris – Memiliki mobil coupe dua pintu dengan dandanan yang sesuai dengan selera adalah impian para pengemar mobil sejati. Tak terkecuali Dimmas Radhitia yang memimpikan jadi pemilik coupe dua pintu Toyota Soarer GZ20 tahun 1991.

Dengan keuletan dan kesabaran, akhirnya pria ramah ini mendapatkan apa yang dia impikan, meski sempat ‘hopeless’ karena keterbatasan dana. Namun, di situlah seninya dalam pemburuan mobil idaman.

Rasa dag dig dug berpacu menggetarkan kalbu saat melihat tampilan mobil idaman di sebuah akun instagram sang pemilik. Terlebih, maksud hati ingin segera memiliki, tapi apa daya dana masih belum mencukupi.

“Jadi mobil itu masih ada di angan-angan saja. Tapi keinginan menggebu Saking gue pengennya sama mobil ini, gue bilang sama istri gue. Suatu hari kalau gue ada duit, gue mau beli mobil ini,” ungkap Dimmas saat bertemu Motoris belum lama ini.

Baca juga: Kesempatan Kedua Mobil Retro Klasik Hidup Kembali

Dandanan baru pada bagian kaki-kai terutama velg semakin menambah kesan elegan- dok.Motoris

Hari terus berganti, dan bulan pun telah menuju yang baru, tapi dana yang diharapkan belum cukup juga. Dimmas pun mulai melupakan mobil itu karena beranggapan sudah laku dipinang orang.

Tapi, rasa ingin memiliki masih belum pupus. Hingga suatu hari, dia iseng mencoba menghubungi sang empunya. Ternyata, upayanya tak sia-sia. Mobil itu masih ada.

“Dan kebetulan berhubung rezekinya pas ada. Gue engga pikir panjang lagi untuk meminang si soarer berkelir putih ini,” ujarnya.

Baca juga: Jumpa Toyota Corolla 1600 GT Asli, Bukan Ala-ala!

Tulisan Toyota Soarer di bagian belakang sebelah kanan menjadi ciri khas – dok.Motoris

Ganti dandanan
Setelah Toyota Soarer sudah di tangan, Dimmas langsung mendandaninya. Mula-mula dia mengubah di sektor kaki-kaki yang yakni mengganti shock breaker depan-belakang dengan peranngkat custom.

Dia menggunakan Bilstein bawaan BMW E34 dan per keluaran SBM yang tingginya pas agar tak memotong-motong lagi. Sedangkan untuk “sepatu” Dimas memakaikan velg RAYS by TRD T3 dengan spec 17×8,5/9,5, serta ban Toyo Proxes dengan spec depan 225/45 dan 245/40 untuk belakang.

Dimmas juga semberi sentuhan ubahan di bagian kabin. Dia tidak mau mobilnya sunyi senyap tanpa perangkat audio. Lantaran itulah, dia memberi sentuhan ringan di sektor audio dengan memakai head unit AVH-2450BT dan speaker JBL.

Baca juga: Hot Hatch VW Golf GTI TCR Bengis!

Bonnet, Fender, lampu utama, hingga bumper masih asli – dok.Motoris

“Karena bagian bagasi masih butuh restorasi, jadi masih belum bisa memakai subwoofer,” ucapnya memberi alasan.

Selain Audio, sentuhan lainnya adalah mengganti lampu kabin interior memakai Phillips LED biar lebih terang dan irit aki pastinya. “Tidak lupa mobil 90-an kudu pakai setir Nardi biar makin pas,” ungkapnya bercanda.

Sementara untuk mesin, Dimmas tetap mempertahankan kondisi yang ada. Mesin Toyota Soarer berkode 1G-GEU 2.000 cc itu dirasanya sudah cukup.

Baca juga: Garang Abis, Mugen RC20GT Civic Type R

Mesin masih dipertahankan, tidak mengalami sentuhan perubahan – dok.Motoris

Apalagi, mesin itu ditemani transmisi Automatic yang menambah rasa betah untuk dipakai di jalanan ibukota yang padat ini.

“Paling mesin dan interior masih dalam tahap proses restorasi kecil-kecilan aja untuk dirapih-rapihin lagi, belum tahap untuk dimodifikasi yang terlalu dalam. Dan kedepannya lagi nunggu mesin mau di swap engine. Abis itu baru ngerapihin body dan interior mudah-mudahan “waktu” (dan dananya) cukup…. hehehe..” imbuhnya. (Rev)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya. “Diserang Terus, Civic Type R Akhirnya Difacelift.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This