Balada Tragis Revolusi Starter Mobil

Balada Tragis Revolusi Starter Mobil
Ilustrasi tombol start-stop untuk menyala-matikan mesin, pada mobil modern. dok. Yahoo.co.jp

Detroit, Motoris – Mobil modern zaman sekarang sudah semakin umum pakai tombol start/stop. Asalkan kunci dekat dengan mobil sekalipun di kantong, mesin mobil bisa dinyalakan hanya dengan jempol. Fitur ini biasa disebut Keyless Entry.

Tapi siapa bilang ini teknologi modern? Memang, para pemakai mobil di era 2000 ke bawah bahkan sebagian pada masa sekarang masih mengandalkan anak kunci yang dipuntir untuk start mesin.

Namun jauh sebelum era kunci dipuntir, mobil sudah punya starter model tombol. Ini bahkan terjadi lebih dari 100 tahun yang lalu.

Waktu itu, pada 1912, Cadilac mengeluarkan mobil dengan fitur macam begitu dengan nama sesuai tahun tersebut: Cadilac Model 1912. Basisnya adalah Cadillac Model Thirty.

Tapi tombol starter itu bukan buat jempol tangan melainkan jempol kaki. Cadilac waktu itu membuatnya demikian supaya ergonomis. Tinggal injak, tunggu mesin berputar dengan bantuan dinamo, maka tugas kaki selanjutnya adalah nge-gas.

Baca juga: Sudirman MR, Pentolan Otomotif Pengukir Sejarah Daihatsu

Starter engkol merupakan andalan mobil zaman old, untuk menyalakan mesin. dok. Reed Brothers Dodge History 1915 – 2012 – WordPress.com

Lucunya, teknologi ini dikembangkan dari mesin kasir yang dibuat sama seorang pengembang asal Dayton Engineering Laboratories Company di Dayton, Ohio, AS, bernama Charles Kettering.

Soalnya, mesin kasir di era 1910 itu, diharapkan bisa buka -tutup cepat, supaya urusan keluar-masuk uang juga makin efisien.

Bukan cuma cerita unik, di baliknya juga ada cerita tragis. Soalnya, pemakaian dinamo yang bisa buka tutup laci mesin kasir kemudian diaplikasi untuk jadi starter mobil itu, datang setelah pendiri Cadillac, Henry Leland, berduka.

Jadi, sebelum Henry Leland mendatangi Charles Kettering, ia baru saja kehilangan temannya yang meninggal dunia gara-gara starter mobil.

Perlu diingat, sebelum Cadillac punya starter tombol kaki, semua mobil dibuat dengan starter model engkol. Istilahnya adalah “crank”.

Baca juga: Jangan Salah, BMW Pernah Berstatus Mobil Murah

Charles Kettering’s self-starter redefined the automobile. Previously, automobile use had been limited (especially among women) because of the hand crank. Soon, virtually every manufacturer was applying the new device to its vehicles; many of these starters were manufactured by DELCO in Dayton, Ohio. dok. General Motors Priorities and Focus- Yesterday, Today and Tomorrow. GMU, 2000/Motorauthority.com

Engkol itu diputar sampai mesin mobil menyala kontinu karena pembakaran dalam. Namun tidak jarang, selain susah dan bikin pegal, putarannya juga bisa memberikan dorongan balik alih-alih bikin tangan keseleo bahkan patah. Makanya mungkin lahir istilah “cranky” buat orang yang lagi rewel, terinspirasi kejadian ini.

Naas-nya, teman pendiri Cadilac tadi, yakni Byron Carter, tidak sengaja terkena pentalan dari engkol mobil tadi. Lukanya parah dan dia meninggal dunia. Tragis memang, satu korban jatuh sebelum teknologi baru akhirnya tercipta.

Sejak starter tombol kaki itu dibikin, menurut situs Hagerty, 89 persen mobil produksi di AS pada masa itu memakai alat yang sama.

Hal ini berlanjut terus sampai akhirnya  Chrysler tahun 1949 membuat starter model kunci. Pasalnya, starter tombol kaki bikin anak-anak bisa main menyalakan mesin dan akhirnya membahayakan nyawa mereka.

Starter model kunci pun mendapat tantangan lagi dari versi tombol di tahun 1989. Waktu itu, Mercedes-Benz memperkenalkan “Keyless Go” di S-Class generasi IV. Namun kali ini, perangkat itu sudah lebih canggih dan pakai sensor jadi yang penting cip anak kunci berada di dekatnya–sesuatu yang akhirnya kini banyak dipakai di mobil zaman sekarang. (Why)

CATEGORIES
TAGS
Share This