Cadasnya Royal Enfield Himalayan Reli Dakar

Cadasnya Royal Enfield Himalayan Reli Dakar
Royal Enfield Himalayan Dakar - dok.Autocar India

Bangkok, Motoris –Terinspirasi oleh kemasyuran Reli Dakar, sebuah perusahaan modifikasi menyuguhkan Royal Enfield Himalayan, dalam  versi reli tersebut. Kehadirannya di ajang Bangkok Motor Sales 2018 pada akhir Agustus lalu berhasil membetot perhatian pengunjung.

Seperti dilaporkan laman Autocar India dan The Financial Express, belum lama ini, motor modifikasi custom itu merupakan karya dari Eicher Group. Konsep ini dihadirkan karena tidak lepas dari kenyataan kesohorannya di mata para pecinta motor adventure.
Untuk menguatkan kesan sebuah motor reli, Eicher menambahkan rangka pelindung atau crash bar di sekeliling mesin.

Posisi knalpot dibuat lebih tinggi, mudguard dengan model paruh bebek di bagian depan juga menjadi kekhasan tersendiri.
Jok panjang dengan busa yang lebih tebal menyiratkan pesan motor ini nyaman ditunggangi dalam jarak jauh. Terlebih Windshield diubah dengan ukuran yang lebih besar.

Ubahan pada bagian depan – dok.Autocar India

Sementara, lampu utama menggunakan twin projector. Tapi, Ecicher masih menambahkan lampu LED untuk menerangi penunggang ketika harus melibas medan reli di saat malam hari.

Untuk perangkat suspensi dan pengereman masih menggunakan bawaan dari pabrikan, meski bannya telah menggunakan ban pacul tipe khas reli. Eicher juga tak menyebut soal mesin, sehingga diperkirkan masih sama dengan versi aslinya. Seperti diketahui, versi asli motor ini mengusung mesin 411 cc satu silinder yang bertenaga 25 hp.

Mesin dilindungi crash bar besar plus lampu sorot – dok.Autocar India

Kendati begitu tangki bahan bakarnya dibuat lebih besar sebagai penunjang kebutuhan BBM dalam perjalanan panjang. Walhasil, tampilnya benar-benar beraura motor reli terganas sejagat itu. Cadas.

Menariknya, Royal Enfield Himalayan Dakar ini berhias padu padan kelir merah, putih dan biru. Kabarnya, hal itu terpantik oleh inspirasi dari bendera Thailand. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This