Chevrolet eCOPO Camaro, Hybrid Bengis buat Drag Race

Chevrolet eCOPO Camaro, Hybrid Bengis buat Drag Race
Konsep Chevrolet eCOPO Camaro - dok.Istimewa

Detroit, Motoris – Setelah hampir lima puluh tahun setelah lahirnya COPO Camaro, kini Chevrolet memperkenalkan mobil konsep yang berteknologi canggih namun tetap berkarakter sangar, yaitu eCOPO Camaro. Mobil ini memperlihatkan teknologi kendaraan listrik yang dapat digunakan di ajang drag race.

COPO adalah singkatan dari Central Office Production Order. Artinya, proses pemesanan unit kendaraan dengan opsi kelengkapan yang unik di tahun 1960-an. Sistem ini pertama kali dilakukan oleh Fred Gibb untuk memesan unit kendaraan yang sejatinya tidak pernah ditawarkan oleh pihak General Motors (GM) secara resmi saat itu.

Chevrolet eCOPO Camaro dikembangkan oleh GM dan dibuat bersama tim drag race Hancock and Lane Racing. Mobil ini berbasis Chevrolet COPO Camaro model tahun 2019, yang dilengkapi motor listrik dengan output setara 700 hp.

“Mobil konsep eCOPO Camaro ini adalah bukti dari tujuan kami dalam menyongsong masa depan, melalui penerapan teknologi kendaraan listrik yang berperforma tinggi. Meski begitu, jiwa asli COPO Camaro di tahun 1969 tetap kami terapkan juga,” tutur Direktur Performance Variants, Parts & Motorsports General Motors., Russ O’Blenes.

Baca juga: Pejabat Eselon Jadi Sasaran Pertama Mobil Hybrid dan Listrik

Tampilan depan Chevrolet eCOPO Camaro – dok.Istimewa

Alasan Chevrolet menggandeng Hancock and Lane Racing bukan karena kesuksesan di ajang balap drag race NHRA saja, namun juga ada keterlibatan pembalap drag race Patrick McCue dan didukung oleh program teknologi otomotif dari Bothell High School. Sehingga akan ada banyak murid yang terlibat dalam pengembangan dan pembuatan mobil drag race bertenaga listrik ini.

“Proyek ini merefleksikan tujuan kami, yakni dunia yang bebas emisi. Sehingga akan ada banyak dukungan dari para engineer dan ilmuwan generasi muda dalam mewujudkan impian kami ini,” kata O’Blenes.

Senada dengan keunggulan COPO Camaro lansiran 1969 yang sukses di ajang drag race kelas Stock Eliminator, eCOPO Camaro juga menggemparkan dunia berkat penggunaan motor listrik yang unik dan baterai berkekuatan 800 volt buatan GM. Sumber tenaga dari sepasang motor listrik BorgWarner HVH 250-150 ini mampu menghasilkan torsi 406 Nm.

Motor listrik tersebut digandengkan dengan transmisi otomatis Turbo 400 dan as roda belakang model solid axle. Baterai 800 volt yang digunakan, memungkinkan penyaluran tenaga menuju motor listrik dan mendukung pengisian daya lebih cepat. Panel baterai diletakkan di balik jok belakang dan ruang bagasi.

Baca juga: Ford Freestyle Sadis

Tampilan belakang konsep Chevrolet eCOPO Camaro – dok.Istimewa

Fitur Battery Management System akan memonitor tegangan listrik dan temperatur baterai, Walhasil, membuat eCOPO Camaro selalu aman dan berfungsi optimal meski sedang dibesut maksimal di trek drag race.

Motor listrik mobil ini menggunakan pola bellhousing yang sama dengan mesin Chevrolet LS-series, sehingga memungkinkan untuk dipadu dengan transmisi buatan GM lainnya. Bahkan posisi transmisi dan as kopel pun serupa dengan COPO Camaro versi produksi. Sehingga motor listrik tersebut akan mudah diaplikasikan pada ruang mesin COPO Camaro. (Adp)

CATEGORIES
TAGS
Share This