Seksinya Suara Mesin 6-Silinder ‘All New’ Toyota Supra

Mobil konsep, A90, merupakan kode untuk generasi terbaru Toyota supra, segera meluncur perdana di dunia, di ajang Detroit Auto Show 2019.

Detroit, Motoris – Toyota Motor Corporation masih menyimpan kelahiran kembali mobil sport legendarisnya, Toyota Supra. Kali ini, sudah ada kepastian, kalau generasi terbaru Supra bakal meluncur perdana di ajang Detroit Auto Show alias North American International Auto Show (NAIAS), 14 Januari 2018.

Untuk menjaga rasa penasaran, Toyota lantas berbagi seberapa seksi suara mesin 6-silinder segaris, 3.0 liter, yang bakal teronggok di balik kap Supra. Meski gambarnya buram, tapi lewat video berdurasi 30 detik, Toyota Supra mau kenalan, tapi selintas saja.

“Tidak banyak hal yang lebih murni dari suara mesin 6-silinder segaris lagi ngebut. Jadi, sementara kami belum bisa menampilkan lekuk tubuhnya, kami baru saja melepas tudung lebih dulu, sebelum peluncuran internasional di Detroit, jadi Anda bisa mendengarkan betapa harmonisnya lagu (Toyota Supra),” tulis Toyota.

Kalau mendengar dari suara mesinnya, memang merdu dan seksi. Rasanya seperti lagi mendengar BMW Z4 mulai ngacir dari posisi diam. Terdengar juga raungan mesin, juga perpindahan gigi transmisi 8-percepatan yang bakal jadi andalan mobil sport ini.

Baca juga: Innova Berjantung Toyota Supra, Bikin Orang Terpana

Rendering desain Toyota Supra seperti apa, dari konsep A90. dok. Motor1.com

Saudaranya, BMW Z4 G29, sudah lebih dulu diperkenalkan ke publik, Agustus 2018 lalu. Sedan roadster varian termewahnya, M40i, juga dibekali mesin 3.0 liter, turbocharged, 6-silinder segaris, bertenaga 340 hp @5.000-6.500 rpm dan torsi 500 Nm @1.600-4.500 rpm.

Kalau dibejek, lari 0-100 kpj, hanya butuh 4,5 detik dan punya batasan kecepatan (limitter) 250 kpj.

Memang, BMW dan Toyota sudah mengumumkan kerja sama dalam menciptakan mobil sport bareng. Tapi, Toyota Supra dipastikan bakal punya sentuhan berbeda. Kalau menurut Asisten Kepala neginner A90 (Toyota Supra), Masayuki Kai, tim mereka tidak pernah bicara apapun dengan BMW sejak 2014, ketika mereka sepakat pada penggunaan platform bersama.

“Kami sepakat dengan paket, seperti kesenangan buat pengemudi, berapa wheelbase, lebar, posisi tangki bensin, pilar A, dan seterusnya. Ini dibahas sekitar pertengahan 2014 lalu, dan setelah itu, kami berkerja dalam tim terpisah. Tidak ada lagi komunikasi setelah itu,” kata Masayuki.

Baca juga: Sejarah Legenda Toyota Supra Terhirup Kembali di Geneva

Punya tampang agresif, tapi mobil sport Toyota Supra, bakal berukuran lebih kompak. dok Motor1.com

Beberapa detail, juga dikembangkan khusus tim Toyota untuk generasi baru mobil sport ini.

Bagaimana menurut Kolega Motoris, mendengar suara mobil ini, layak untuk dipasarkan ke Indonesia, kah?

Sumber: Paultan.org

(sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This