Keren, Motorhome Mewah Berbasis Truk Mercy Zetros

Keren, Motorhome Mewah Berbasis Truk Mercy Zetros
Motorhome berbsis truk Mercedes-benz Zetros Pure 5000 karya terbaru Action Mobil - dok.New Atlas

Wina, Motoris – Perusahaan modifikasi asal Austria, Action Mobil, akhir tahun 2018 lalu  kembali menyuguhkan kreasi barunya berupa motorhome alias rumah berjalan. Karya paling anyar itu dibangun dengan basis truk Mercedes-Benz Zetros 1833 A 4×4.

Seperti dilaporkan laman New Atlas, Sabtu (5/1/2019) lalu truk yang disebut sebagai pelahap berbagai medan ekstrim ini dibekali OM926 LA 7.2 liter 6 silinder inline turbodiesel. Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 326 hp dan torsi 1.300 Nm.

Truk tumah berjalan – namun oleh Action Motor lebih suka disebut sebagai kendaraan ekspedisi – ini juga trengginas dalam mengarungi medan bersalju, berlumpur berbatu, atau bahkan perbukitan curam. Kaki-kaki yang dibuat fleksibel untuk menjaga kondisi dek tetap stabil menjadi kunci dari itu semua.

“(Truk Mercedes-Benz) Zetros ini telah menjadi Action Mobil Pure 5000 Zetros, sebuah kendaraan ekspedisi sekaligus rumah berjalan yang sangat tangguh. Dia dibangun untuk memanjat, merangkak, bermain di genangan air dan mampu bermanuver di segala medan. Dia juga menjadi tempat untuk menghabiskan malam-malam penuh kebahagiaan di bawah langit berbintang yang terhampar luas,” bunyi pernyataan Action.

Ruang makan yang berada persis di depan kamar tidur – dok.New Atlas

Maklum, Zetro dibuat sebagai sarana angkutan untuk tugas-tugas khusus dalam penanganan kebakaran hutan, evakuasi di saat banjir atau badai salju, dan keadaan darurat lalinnya, Sedangkan tugas rutin yang dia lakoni adalah sebagai kendaraan di pertambangan dengan lansekap sulit.

Namun, di tangan Action Mobil, truk  ini menjadi sebuah hunian berjalan yang mewah. Sebuah tempat tidur di bagian belakang yang berhadapan dengan ruang makan berisi meja makan yang bisa dikonversi menjadi tempat duduk berbentuk U, sebuah dapur, serta kamar mandi.

Dapur yang diletakan tepat di depan ruang makan  atau di sisi pengemudi, memiliki kompor induksi empat-pembakar. Selain itu ada mesin pencuci piring, lemari es, dan freezer. Sebuah, wastafel di atas sebuah meja granit mencuatkan kesan nuansa rumah sungguhan.

Dapur dan kamar mandi yang saling berhadapan – dok.New Atlas

Untuk kebutuhan bahan bakar selama berkelana, Zetros Motorhome ini juga memiliki tangki penyimpanan BBM.Dua buah tangki bahan bakar dengan kapasitas 300 liter dia bawa.Sumber listrik untuk harian digunakan penyimpan sumber tenaga listrik atau powe bank 540 Ah.

Arus setrum tersebut untuk menghidupkan AC, mesin cuci, serta mesin pengering. Selain itu, Action Mobil juga membuat tangki penyimpan air 460 liter, tangki air kotor atau limbah 140 liter, penyimpan sumber tenaga listrik atau powe bank 540 Ah, serta panel surya 1,1 kW.

Tampilan Motorhome Mercedes-Benz Zetros Pure Home 500 – dok.New Atlas

Hanya sayang, perusahaan pembuat kendaraan khusus ekspedisi ini tak menyebutkan berapa banderol rumah berjalan yang dibangunnya itu. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This