Sadis, Tosan Adji Jadi Terbaik Ketiga di Dunia

Sadis, Tosan Adji Jadi Terbaik Ketiga di Dunia
Tosan Adji berfoto bersama para builder dan tim pendukung - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Satu dari empat motor custom garapan anak bangsa terpilih menjadi nominasi ketiga di ajang Motor Bike Expo Verona, Italia. Motor benama “Tosan Adji” yang menjadi iconic bike Suryanation Motorland itu berhasil mengungguli puluhan motor modifikasi karya builder internasional.

Sebelumnya motor sudah pernah dikulik oleh redaksi Motoris. Motor ini berkonsep boardtracker dengan basis mesin dari Harley Davidson lansiran 1947.

Rombakan yang dilakukan oleh duet builder – yakni Andhika Pratama dan Lufti Ardika – memang sangat detil dan menyeluruh. Bagian demi bagian yang digunakan, hampir 90% karya buatan tangan atau handmade. Bagian itu mulai dari rangka, kaki-kaki, jok, tangki, sampai beberapa printilan lainnya.

Sedangkan mesin dipertahankan tetap standar. Hanya rasio perpindahan transmisinya saja yang diubah agar lebih memudahkan saat digunakan.

Tosan Aji menggunakan mesin milik Harley Davidson WL lansiran 1947 yang part-partnya telah diganti baru – dok.Istimewa

Tosan Adji yang artinya “Besi Mulia” yang di kepercayaan adat Jawa sebagai senjata pusaka itu juga ditunjuk oleh juri Motor Bike Expo untuk bersaing dengan 10 motor custom karya modifikator dunia.

Mereka berasal dari workshop CMC Motorcycle, Suicide Customs, Radikal Chopper, Metal Bike Garage, Hazard Motorcycle. Selain itu dari Gallery Motorcycles, Stile Italiano, Abnormal Cycles, dan Creazy Dream Mallorca.

Setelah melewati penjurian yang ketat dengan metode 10 poin untuk tiap motor, Tosan Aji meraih 34 poin yang menjadi nilai terbesar ketiga. Dia hanya kalah tipis dengan karya Suicide Custom yang menempati posisi tertas dan Abnormal Cycles yang bertengger di urutan kedua.

Sejumlah motor unggulan di Suryanation Motorland hadir di festival internasional di Verona, Italia – dok.Istimewa

“Iconic Bike Suryanation Motorland 2018 yang kita bawa berhasil terpilih menjadi nominasi The King of Motor Bike Expo 2019. Ini sudah merupakan prestasi yang membanggakan karena bisa membawa nama dunia kustom Indonesia menjadi lebih dikenal di kalangan internasional,” unggkap Suryanation Motorland Committe Rizky Dwianto dalam keterangan resmi. (Sql).

 

CATEGORIES
TAGS
Share This