Pesona Honda S800 Tak Pernah Lekang Dimakan Usia

Pesona Honda S800 Tak Pernah Lekang Dimakan Usia
Honda S800 tahun 1967 yang masih berfungsi dengan baik - dok.Carscoops

Silverstone, Motoris – Sebuah coupe besutan Honda Motors Company yakni Honda S800 lansiran tahun 1967 bakal dilelang dengan harga penawaran hingga US$ 26.025 atau sekitar Rp 367 jutaan. Performanya masih moncer atau bahkan lebih tokcer ketimbang saat awal, karena telah mengalami “operasi jantung”.

Seperti dilaporkan laman Classic Heritage Cars dan Carscoops, Minggu (21/4/2019), sepanjang tahun 2014 – 2017 lalu, mobil ini telah dioprek oleh seorang ketua komunitas S800. Pria yang tak disebut namanya itu, merupakan veteran engineer Rolls-Royce.

Hasilnya, performa mesin lebih joss. Sentuhan perubahan ini juga sejalan dengan perbaikan di bagian bodi yang meskipun mempertahankan kondisi aslinya, namun sedikit dicat ulang.

Interior Honda S800 yang masih rapi – dok.Carscoops

Tampilannya pun kembali mencorong. Dengan cat merah dan trim krom bersinar. Interior hitam bersih. Begitu pula dengan ruang mesin.

Honda S800 yang merupakan penerus dari Honda S500 dan S600, dan leluhur leluhur S2000 yang kondang itu, diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show pada tahun 1965. Mobil ini dibekali mesin 800 cc yang bertenaga 70 hp. Dia diklaim mampu melesat hingga 160 kilometer per jam.

Honda mencatat penjualan coupe ini langsung melaju begitu diluncurkan. Tak hanya di negara-negara Asia dan Timur Tengah, tetapi juga di Eropa. Bahkan di benua itu, kinerja penjualannya melampaui target yang ditetapkan.

Tapi, pamornya surut ketika pabrikan-pabrikan asal Eropa dan Amerika menggempur pasar dengan produk serupa. Terlebih, mereka menawarkan mesin dengan kubikasi yang lebih besar, sehingga tenaganya pun jauh lebih joss.

Body, lampu, bemper, dan bahkan pelek Honda S800 lansiran 1967 ini masih asli, hanya cat dan ban saja yang berganti – dok.Carscoops

Namun, seiring perjalanan waktu, ternyata pecinta S800 yang ingin bernostalgia dengan masa-masa orang tua mereka kembali meletup. Kenangan itulah yang memantik mereka untuk memberi S800 yang kini terbilang langka itu.

Mobil ini bakal dilelang di Chiping Norton, Inggris, pada 11 Maei nanti. Kini sudah banyak orang yang mendaftar dan siap mengajukan penawaran. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This