Ini Ragam Modifikasi Jimny, dari Mercy hingga Landy

Ini Ragam Modifikasi Jimny, dari Mercy hingga Landy
Suzuki Jimny Sierra dengan knalpot samping yang menjadikannya mirip dengan Mercedes-Benz AMG G63 - dok.Carscoops

Tokyo, Motoris – Demam Suzuki Jimny yang terus menggejala di berbagai belahan dunia telah memunculkan kreatifitas modifikasi. Bermodal body kit dan knalpot custom, Jimny pun berubah tampilan mirip dengan SUV kondang dunia.

Setelah produsen bodykit asal Jepang, DAMD, yang menjadikan tampilan Jimny mirip Mercedes-Benz G-Class dan Land Rover (Landy) Defender, kini tuner satu negara – Liberty Walk – memberi sentuhan Jimny Sierra dengan knalpot samping. Walhasil, tampilan ala Mercedes-AMG G63 pun mencuat.

Seperti dilaporkan laman Carscoops, Rabu (12/6/2019), tuner itu tak menambahkan body kit, tapi hanya knalpot Frequency Intelligent Exhaust (FIE). Sang tuner ingin mencuatkan kesan tampilan ala baby Mercedes-Benz G-Class.

Berkat body kit DAMD, Suzuki Jimny ini mirip degan Mercedes-Benz G-Class – dok.The Drive

Knalpot itu bukanlah knalpot ganda. Tapi, saluran pembuangan gas emisi ini ternyata memiliki fungsi menghasilkan suara yang berbeda dari knalpot asli bawaan pabrik ketika dipasang. Itulah, fungsi lain dari knalpot yang dipasang tepat di depan roda belakang atau di tengah- antara roda dengan dan belakang – tersebut.

Sementara, seperti dilaporkan laman The Drive dan Motor1, DAMD juga menyuguhkan hasil modifikasi Jimny yang juga ciamik. Bedanya, pabrikan body kit ini menggunakan body kit khusus untuk Jimny, yakni Kit styling Little G dan Little D.  Masing-masing untuk menghasilkan tampilan menyerupai Mercedes-Benz G-Class dan Landrover Defender.

Kit itu diaplikasikan untuk beberapa bagian. Mulai dari bumper depan dan belakang, kap mesin, flare fender, tangga samping, side step, hingga lengkung roda atau over fender di masing-masing varian (Mercy atau Landy). Body kit tersebut diproduksi sejak akhir kuartal pertama lalu.

Pabrikan bodykit lokal Jepang DAMD juga menyulap Suzuki Jimny dengan tampilan seperti Landrover Defender – dok.Motor1

Hanya sayang, tidak disebutkan apakah body kit tersebut juga diekspor ke negara-negara lain selain untuk pasar domestik Jepang. Tetapi yang pasti, DAMD sebelumnya menyatakan bahwa barang-barang yang dibuatnya itu dirancang sesuai dengan konsep Jimny – dimana salah satu variannya 4WD – yang merupakan produk global atau dijajakan ke berbagai negara. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This