Ciamik, Suzuki Jimny Jadi Mobil Reli Paris-Dakar

Ciamik, Suzuki Jimny Jadi Mobil Reli Paris-Dakar
Suzuki Jimny dengan tampilan mobil reli Paris Dakar racikan Delta 4x4 yang digunakan untuk berlaga di reli terganas tersebut pada tahun 1978 - dok.Carscoops

Frankfurt, Motoris – Sebuah perusahaan modifikator atau tuner asal Jerman – bernama Delta 4×4 – telah memodifikasi Suzuki Jimny anyar dengan gaya ala mobil reli Paris-Dakar. Pilihan gaya mobil reli terganas di dunia itu dipilih untuk mengenang mobil reli Paris-Dakar LJ80 yang pernah diraciknya pada tahun 1978 dan 1982.

Seperti dilaporkan laman Carscoops dan Gutes Auto, belum lama ini, dua mobil untuk berlaga di reli Paris-Dakar di dua tahun tersebut dan dikemudikan oleh pemilik Delta 4×4 yakni Josef Loder dan Alois Schneck. Kendati tak menjadi juara, namun keduanya menorehkan kegemilangan dengan mencapai garis finish.

Tampilan belakang Suzuki JImny yang dimodifikasi layaknya mobil reli Paris Dakar – dok.Carscoops

Kini kesuksesan itu ingin diabadikan melalui ‘kanvas baru’ yakni Suzuki Jimny. Generasi keempat SUV mungil itu dibalur dengan kelir yang sama dengan dua mobil reli yang digeber di tahun 1978 dan 1982 tersebut. Hanya untuk gambar simbol maupun logo para sponsor juga disesuaikan dengan yang ada saat ini, meski dengan komposisi maupun tata letak gambar yang sama.

Penambahan over fender oleh Delta 4×4 selaras dengan ban dan pelek baru yang digunakan Jimny – dok.Carscoops

Tapi bukan sekadar tampilan yang menjadi tujuan. Sebab, Delta 4×4 juga meningkatkan kemampuan off-road dari Jimny anyar ini.

SUV ini dilengkapi lift kit 50mm, ground clearance juga dibuat lebih tinggi, dengan over fender yang lebih besar. Delta 4×4 mengganti pelek bawaan pabrik dengan pelek Legacy Forged 16 inci yang dibalut ban off-road 285/75 R16 Mickey Thomson Low STZ.

Suzuki Jimny ala mobil reli Paris-Dakar racikan Delta 4×4 yang digunakan berlaga pada tahun 1982 – dok.Carscoops

Spion juga diganti dengan spion custom yang juga digunakan mobil reli Paris-Dakar besutan Delta 4×4 di dua tahun 1978 dan 1982. Walhasil, tampilan Jimny anyar itu benarbenar membawa persepsi seseorang ke era tahun-tahun itu, meski dengan bahan-bahan dan aksesoris buatan terkini.

Begitu pula dengan lampu belakang tambahan khusus off-road yang disematkan pada Jimny tersebut. Tuner ini juga menambahkan bull bar, winch dua ton, namun melepas ban cadangan (konde). Hasilnya, tampilan Jimny benar-benar lumayan ciamik. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This