Porsche 911 Carrera Langka Menunggu Juragan Baru

Porsche 911 Carrera Langka Menunggu Juragan Baru
Sebagai mobil langka Porsche 911 Carrera RS Touring ditawarkan dengan harga selangit - dok.Carscoops

California, Motoris – Sebuah Porsche 911 Carrera RS Touring lansiran tahun 1973 mengagetkan para pecinta mobil klasik saat ditawarkan balai lelang Bring A Trailerand di Amerika Serikat. Betapa tidak, mobil ini merupakan mobil langka dan merupakan satu dari 185 unit yang pernah dibuat.

Seperti dilaporkan laman Carscoops dan Hot Cars, Selasa (13/8/2019), saat ini mobil Porsche Grand Prix White dengan grafis India Red itu telah ditawar US$ 200.000 atau sekitar Rp 2,86 miliar. Namun, sang pemiik mobil bergeming, tak ngiler dengan tawaran senilai itu.

Terlebih, masih ada 11 hari lagi hingga tenggat lelang tiba. Mungkin, dia beranggapan masih akan banyak penawar dengan nilai lebih tinggi datang.

Melihat riwayat mobil ini memang menarik. Pemilik pertamanya merupakan teman dekat perusahaan tunning RUF Automobiles, Alois Ruf.

Porsche 911 Carrera RS Touring hanya dibuat 185 unit – dok.Carscoops

Pada tahun 1980, pemilik itu meminta Ruf untuk memodifikasinya. Dan tak tanggung-tanggung. Dia minta agar mesin diganti dengan yang lebih besar yakni 2.8 liter, dan suspensi direvisi. Begitu pun dengan bumper depan maupun belakang.

Alhasil, tak hanya tampilan saja yang menjadi beda, tetapi juga performa. Meski tak dirinci berapa perubahan semburan tenaga yang dihasilkan, namun dipastikan lebih ‘beringas’ ketimbang versi asli.

Setelah hampir dua dekade berada di Eropa, pada tahun 2000, mobil ini hijrah ke Amerika Serikat. Dia dibeli oleh Bruce Harmon, seorang pecinta mobil ikonik yang juga fans berat Porsche.

Interior Porsche 911 Carrera RS Touring – dok.Carscoops

Hanya sayang – tak disebutkan alasannya – tiga tahun kemudian Harmon melegonya ke seorang kolektor. Itu terjadi pada Juni 2003.

Di tangan pemilik baru itu, catatan perjalanan yang ditempuh 911 Carrera RS Touring berubah. Jarak yang ditempuhnya bertambah 15.000 mil. Sehingga, saat ini total jarak yang ditempuhnya menjadi 24.00 mil atau sekitar 39.000 kilometer.

Pelek Porsche 911 Carrera RS Touring – dok.Carscoops

Pada tahun 2007 lalu,pemilik tersebut sempat mengganti pompa injeksi bahan bakar dengan perangkat serupa besutan Bosch. Penggantian itu bukan yang terakhir. Sebab,  pada Maret lalu (2019), gerabox mobil itu juga diperbaiki.

Selebihnya, sang pemilik menjamin keaslian dan dari seluruh bagian yang ada di mobil Carrera langka ini. Semua dijamin berfungsi dengan baik. Itulah, promosi yang digeber selama proses lelang berlangsung. Dan mobil pun menunggu “juragan” baru. (Ara)

Tampilan belakang Porsche 911 Carrera RS Touring 1973 – dok.Carscoops

CATEGORIES
TAGS
Share This