Gegara Berlapis Emas, BMW X5 Ini Diamankan Polisi

Gegara Berlapis Emas, BMW X5 Ini Diamankan Polisi
BMW X5 yang dilapisi emas yang menyilaukan bagi pengguna jalan lainnya ditangkap polii Dusseldorf, Jerman - dok.Dusseldorf Polizei

Dusseldorf, Motoris – Aparat hukum di Jerman memiliki aturan yang ketat dan ditegakkan dengan sungguh-sungguh soal keamanan dan kenyamanan di jalan raya, termasuk dalam hal modifikai kendaraan. Baru-baru ini, sebuah BMW X5 yang dilapisi emas ditangkap dan diminta untuk dikelupas lapisannya oleh kepolisian Dusseldorf.

Seperti dolaporkan laman DW dan Carscoops, Rabu (16/10/2019) lalu, dalam pernyataan resminya, kepolisian daerah itu menyatakan pengmudi BMW X5 itu dihentikan petugas ketika melintas di jalan. “Keberadaannya menganggu konsentrasi pengemudi kendaraan lain di jalan. Pasalnya, lapisan itu menyala dan menyilaukan saat terkena paparan sinar matahari,” bunyi pernyataan kepolisian itu.

Bukan kali ini saja mobil dengan bodi yang menyilaukan dicokok petugas kepolisian. Menurut catatan petugas, beberapa waktu lalu sebuah Porsche Panamera berlapis emas juga “diamankan”.

Bagian sudut belakang BMW X5 yang dilapisi emas – dok.DW via Carscoops

Alasannya juga sama, yakni mengganggu konsentrasi pengguna jalan lainnya sehingga membahayakan keselamatan. Polisi mengambil kunci dan pelat nomor mobil yang bersangkutan alias “mengandangkannya” sampai pemilik membongkar atau mengelupasi lapisan emas tersebut.

Peraturan di Jerman memang sangat tidak menolerir penggunaan warna-warna ngejreng yang “mencolok” mata untuk digunakan dalam modifikasi mobil. Begitu pun dengan penggunaan part-part yang menimbulkan gangguan, termasuk gangguan suara.

Ini terbukti ketika BMW X5 lainnya kedapatan menggunakan pipa pembuangan alias knalpot yang dimpdifikasi, sehingga menghasilkan suara yang cukup memekakan telinga. Mobil itu diamankan, dan pengemudi diminta untuk melepas atau melintas ke jalan lain.

Batang knalpot BMW X5 yang dinilai bermasalah dengan peraturan yang ada – dok.Carscoops

Meski sang pengemudi yang diketahui berasal dari Kosovo itu berdalih tidak mengetahui peraturan yang ada di wilayah tersebut dan memohon agar diberi pengecualian. Tapi, petugas bergeming.

Pengemudi itu tetap ditilang. Alhasil, pria berusia 30 tahun itu terpaksa harus meninggalkan mobilnya di kantor polisi karena tak bisa mengganti knalpot saat itu juga. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This