Urusan Mobil Klasik, Citroen Libas Jaguar Sampai Lamborghini

Urusan Mobil Klasik, Citroen Libas Jaguar Sampai Lamborghini
Citroen DS 1973 - dok.Classic Driver

London, Motoris – Munculnya beragam teknologi baru yang tersemat pada mobil anyar tak serta merta menggeser popularitas kendaraan lawas. Ya, mobil jadul ini memiliki nilai tersendiri di kalangan pecintanya sehingga tak lekang oleh waktu.

Kemarin, Senin (25/11/2019), Auto Express mengumumkan 10 mobil supercar klasik paling keren di dunia yang diperoleh melalui sebuah poling atau jajak pendapat. Dari deretan tersebut, sama sekali tak ada wakil dari Ferrari.

Auto Express mengatakan bahwa hasil jajak pendapat ini bukan ilmu pasti dan semua pendapat orang bisa berbeda.

“Mereka memiliki kualitas awet muda, sehingga tidak dianggap sebagai mobil klasik yang instan, akan tetapi memiliki sesuatu yang lebih,” bunyi keterangan resmi Auto Express, dilansir The Sun.

Baca juga: Sejarah Motorisasi Indonesia

Berdasarkan hasil survei tersebut, ini dia deretan supercar jadul paling keren di dunia:

1. Citroen DS
Mobil klasik buatan Perancis ini sangat populer pada tahun 1960-an. Citroen DS pertama kali diproduksi pada 1955 dan berhenti pada tahun 1975. Desainnya sangat aeorodinamis, meski saat peluncuran awal sempat dianggap sebagai kendaraan aneh. Tahun 1999, kendaraan dengan gaya futuristik ini sempat menempati urutan ketiga pada jajak pendapat Mobil Abad ini.

Jaguar E-Type 1971 – dok.Robb Report

2. Jaguar E-Type
Ini adalah mobil sport asal Inggris yang diproduksi tahun 1961 dan 1975. Mobil ini sempat menjadi model ikon dunia otomotif. Pada tahun 2004, majalah Sports Car International menempatkannya di urutan teratas dalam daftar Top Sports Cars Tahun 1960-an, serta termasuk dalam kategori 100 mobil di dunia paling indah sepanjang masa versi The Daily Telegraph. Akan tetapi, entah kenapa pada jajak pendapat tahun ini Jag E-Type posisinya tergeser oleh Citroen DS.

3. Lancia Stratos
Berbodi rendah, mobil sport ini mengusung konsep tak lazim. Jagoan rally asal Italia pada masanya ini juga terbilang sukses dan menyabet trophy tiga kali berturut-turut pada kejuaraan rally dunia tahun 1974, 1975 dan 1976.

4. Land Rover Defender
Kendaraan off road serbaguna dengan mesin penggerak 4 roda ini muncul sejak tahun 1948. Kendaraan seri Jeep ini kini keluar kembali dengan generasi terbaru. Land Rover Defender menawarkan dua varian teranyar, yakni seri 90 dengan model tiga pintu dan seri 110 yang lebih panjang dengan lima pintu.

Sebelumnya Land Rover sempat berhenti produksinya pada Desember 2015, setelah 67 tahun diproduksi.

Baca juga: Kesempatan Kedua Mobil Retro Klasik Hidup Kembali

Lamborghini Miura P400 Tahun 1966 – dok.Hagerty

5. Lamborghini Miura
Mobil ini diluncurkan pada tahun 1966 sampai 1972 dan keluar sebagai yang tercepat. Kemunculannya pada waktu itu menabrak pakem mobil sport berperforma tinggi, dengan mesin tengah dan memiliki 2 kursi.

6. Mini
Penggemar berat serial Mr. Bean sudah pasti mengenal dekat dengan kendaraan ini. Pemeran sinetron komedia (Sitkom) ini begitu lengket dengan kendaraan cooper mininya. Mobil kecil klasik ini diproduksi British Motor Corporation dari tahun 1959 sampai 2000.

7. Lotus Esprit
Mobil sport ini dibangun oleh Lotus Cars di Inggris pada tahun 1976 dan 2004. Model perdana yang diluncurkan adalah Project M50. Penampakan pertama mobil ini memang kental dengan nuansa klasik.

8. Porsche 911
Porsche 911 selalu dikenal sebagai salah satu mobil legendaris. Konstruksinya sangat unit karena letak mesin di belakang, bukan di depan seperti mobil sport pada umumnya. Pencantuman nama 911 ini punya cerita tersendiri. Sebelumnya diusulkan nama 901, namun Peugeot protes karena mobil yang dijual di Perancis tidak diperbolehkan menggunakan angka 0 di tengah kecuali Peugeot.

Baca juga: Pengaruh Cina pada Lotus Mulai Konkret

McLaren F1 1990 – dok.AusMotive

9. Audi Quattro
Ini salah satu generasi awal mobil rally tersohor yang dibuat di Jerman, yang pertama kali diperkenalkan pada acara Geneva Motor Show pada tahun 1980. Quattro sendiri merupakan bahasa Italia yang artinya empat, yang merujuk nama sistem penggerak empat roda.

10. McLaren F1
Mobil legendaris pertama dengan satu bangku pengemudi di tengah ini terlahir sebagai supercar terkuat dan tercepat di era 90-an. Semua teknologi canggih dan bahan mahal yang ada di zaman tersebut nempel di mobil ini dengan ditambah bekal kualitas mesin yang sangat tangguh. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This