Pesona Kustom Suzuki Thunder Boardtracker Ditebar di Amerika

Pesona Kustom Suzuki Thunder Boardtracker Ditebar di Amerika
Enggal Purnama bersama motor Suzuki Thunder 250 Kustom berkonsep Boardtracker karyanya yang menjadi The Greatest Bike Suryanation Motorland 2019 - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Karya kustom Enggal Purnama yang menggunakan “kanvas” Suzuki Thunder 250 dinilai begitu mempesona sehingga berhak menyandang gelar The Greatest Bike Suryanation Motorland 2019. Bahkan, pesona modifikasi berkonsep boardtracker itu bakal ditebar di Amerika Serikat.

Enggal – sang modifikator – mengaku 80% dari proses rancang bangun motor dibuat sendiri alias handmade. Nyatanya, hampir semua bagian dari motor itu diubah, dan hanya mesin saja yang masih asli.

Karakter boardtrack ditunjukan mulai dari bagian rangka yang melengkung, sampai beberapa struktur lainnya seperti sistem suspensi depan, posisi tangki yang berada di bawah rangka atas, hingga rangka rigid tanpa ada suspensi belakang. Sistem peredam kejut dipindahkan tepat di bawah jok single seater.

Baca juga: T-005 Cross, Motor Custom Indonesia Pameran di LA

Hampir semua bagian Suzuki Thunder 250 Boardtarcker diubah dan hanya mesin saja yang masih asli – dok.Istimewa

Pemindahan peranti itu dimaksudkan agar guncangan yang terjadi ketika motor digeber bisa diredam. Sementara untuk sasis, garpu bagian depan atau girder, serta lengan ayun, dibuat sendiri menggunakan pipa seamless.

Sasis dibentuk dari pipa berdimensi 1,25 inci. Sedangkan bagian depan menggunakan pipa berukuran 1/2 inci, dan lengan ayun 3/4 inci.

Rangka Suzuki Thunder 250 Boardtracker karya Enggal Purnama dibuat dari pipa seamless – dok.Istimewa

Boardtracker
Soal pemilihan boardtracker, builder asal Banyuwangi, Jawa Timur itu beralasan dikarenakan aliran ini jauh lebih sederhana. Artinya tidak harus terpaku pada pakem-pakem yang sudah ada.

“Lebih luwes dibandingkan chopper. Jadi ada sisi kebebasan berkreasi saat membentuknya, kalau chopper kan seperti kita tahu sudah ada pakemnya, harus begini dan begitu,” kata Enggal kepada Motoris beberapa saat lalu.

Baca juga: Flat Track Triumph yang Bikin Orang Kesengsem

Pahatan khas pada pelat jok menjadi ciri khas motor Suzuki Thunder 250 kustom karya Enggal Purnama – dok.Istimewa

Tampilan Thunder 250 boardtracker racikan Enggal ini memiliki ciri khusus. Ciri itu berupa pahatan atau engrave pada plat lapisan joknya. Sementara untuk tangki, dibentuk sendiri mengikuti lekukan sasis dengan mempertimbangkan aspek presisi ke dudukan mesin.

Ciri khas lainnya adalah kelir campuran hitam dan aksen emas serta ornamen krom yang membuat tampilan semakin mempesona. Dengan keindahan itulah, motor ini memang layak digelari The Greatest Bike Suryanation Motorland 2019.

Baca juga: Ciamik, Honda CB1000R Tribute Custom Kado Ultah CB750

Pesona Suzuki Thunder 250 Boardtracker katya Enggal Purnama begitu kuat sehingga bakal ditebar di Amerika Serikat dalam kontes modifikasi pada Maret 2020 nanti – dok.Istimewa

Bermodal pesona dan gelar itu pula, motor ini juga terpilih untuk mewakili Indonesia untuk berkompetisi di ajang Mama Tried Show. Hajatan itu digelar di Milwaukee, Amerika Serikat, pada Maret 2020 mendatang. (Sql)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This