Dirombak Jadi Lawas, Defender 2015 Semakin Cadas

Dirombak Jadi Lawas, Defender 2015 Semakin Cadas
Land Rover Defender lawas yang dipoles tuner Kahn Design - dok.Istimewa

Bradford, Motoris – Selama ini pekerjaan yang lazim terjadi dalam dunia modifikasi adalah menyulap mobil tua alias mobil lawas menjadi baru, tetapi tak demikian dengan apa yang dilakukan perusahaan spesialis modifikasi asal Bradford, Inggris, Kahn Design. Desainer di perusahaan ini mengubah Land Rover Defender lansiran tahun 2015 berwajah tahun 1960-an tetapi menggunakan rekayasa bodi tahun 1990-an.

Seperti dilaporkan laman Boss Hunting yang melansir laman resmi Kahn Automobiles belum lama ini, dengan tema ubahan ke tampilan tahun 60-an itu, SUV ini disemati titel Defender 90 Flying Huntsman Homage II Edition. Serangkaian ubahan pun dilakukan demi mencuatkan kesan retro SUV  berpenggerak 4×4 itu. Meski dengan rekayasa tampilan dan bodi  generasi anyar.

Desainer utama Kahn Design, Afzal Kahn, menggunakan grill klasik Mk II untuk mengganti gril Defender tersebut. Tujuannya agar ciri gaya khas Land Rover Defender Seri 2 masih melekat kuat. Penggantian grill berbentuk kotak khas gaya retro itu diikuti pemasangan lampu depan berbentuk bulat.

Tampilan belakang Land Rover Defender lawas setelah dipoles tuner Kahn Design- dok.Istimewa

Paralel dengan itu, kap mesin juga dirombak. Begitu pun dengan lengkungan roda yang direvisi demi mengakomodasi Defended 1984 Heritage Steel Wheels yang besar. Sementara wheelbase diperpanjang 20 centimeter di depan pilar A, sehingga memungkinkan ditambhi roll cage pelindung.

Afzal yang juga Creative Director di perusahaan spesialis modifikasi yang kondang ke seantero penjuru bumi itu juga menambahkan body kit lebar. Tujuannya membuat kesan mobil semakin panjang dan lebar.

Dia juga merancang ulang atap lunak atau soft top yang mudah dilepas-pasang dengan bahan baru yang lebih menarik. Tak lupa emblem khusus Flying Huntsman Homage II Edition dilekatkan pada depan grill.

Pelek yang digunakan Kahn Design berukuran 16 inci – dok.Istimewa

Sementara Untuk menyelaraskan ubahan pada bagian eksterior, di bagian interior Afzal juga melakukan serangkaian revisi. Lapisan jok dikelupas dan diganti dengan pelapis jok berkelir hitam dengan paduan warna coklat. Meski tetap bertema gaya vintage.

Pelapis baru itu juga digunakan untuk melapisi konsol tengah baru, dasbor, engsel pintu, tuas persneling. Begitu pula dengan bagian kecil seperti sun visor atau pelindung pandangan pengeudi dan penumpang di bagian depan agar tak silau kala mobil terpapar sinar matahari.

Interior Land Rover Defender lawas yang dipoles Kahn Design

Sedangkan soal mesin, Afzal tak mengutak-atiknya. Defender ini masih mengusung mesin diesel TDCi 2.200cc yang bertenaga 122 hp.

“Dengan seri Homage II edition, saya ingin menciptakan sesuatu yang modis, ikon dan revolusioner tetapi tetap dengan ruh, ciri khas, dan gairah Defender. Semua yang ada di mobil ini, mulai dari peningkatan mekanik dan teknik hingga kulit yang dijahit sesuai pesanan, telah irancang dengan cermat di laboratorium canggih kami,” ujar Afzal.

Rombakan pada segmen kaki-kaki oleh desainer Kahn Design membuat Land Rover Defender ini terlihat semakin gagah dan segar – dok.Istimewa

Mobil itu, tengah ditawarkan dan dipajang di showroom Kahn yang berad di London dan Leeds. Perusahaan membanderolnya 110.000 poundsterling. (Fan/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS