Mengenang Kejayaan Lamborghini Miura SV di Usianya yang ke-50

Lamborghini Miura SV-dok.Istimewa via The Speed Journal


Bologna, Motoris – Lamborghini Miura adalah salah satu supercar sohor di dunia, berkat racikan jantung mekanis, desain, serta fitur yang mumpuni di eranya. Nama Miura kian mencorong, ketika pabrikan pembuatnya – Automobili Lamborghini SpA – melahirkan versi lanjutannya yang bernama Miura SV.

Lamborghini memperkenalkan Miura pada tahun 1966. Model pertama mobil super ini – disebut P400 – dibekali mesin V12 mid-engine yang menyemburkan tenaga hingga 350 hp dengan formasi dua tempat duduk.

Miura diproduksi dalam rentang waktu tujuh tahun, dengan beberapa versi model. Namun model paling sohor adalah Miura SV yang diluncurkan pada Maret 1971.

Seperti dilansir laman resmi Lamborghini, belum lama ini, kehadiran Miura SV dalam waktu singkat kondang di seantero dunia. “Dia menjadi yang terbaik dari semua versi Miura yang diproduksi, karena menyuguhkan ekspresi tertinggi dari konsep supercar pada masanya,” klaim pabrikan berlambang banteng itu.

Lamborghini Miura – dok.Istimewa

SV memnag berbeda dari dua model pendahulunya, baik secara teknis maupun estetika. Dia menyandang mesin V12 4.0 liter dengan letupan tenaga hingga 385 hp dan torsi 400 Nm.

Sasisnya lebih rigid, suspensinya direvisi. Dengan ubahan pada sasis ini pula, Lamborghini lebih leluasa melakukan pengembangan teknis khususnya di tata letak di kabin maupun penyempurnaan pada kaki-kaki. Suspensi diracik ulang, dan ban – antar depan dan belakang – dibuat berbeda ukurannya.

Pelek belakang yang semula menggunakan ukuran 7 inci ditingkatkan menjadi 9 inci. Sehingga ban yang membalutnya berukuran 225. Ubahan itu diikuti dengan membesarnya ukuran spatbor belakang.

Serangkaian ubahan teknis ini, menjadikan handling Miura SV jauh lebih baik. Para penggemar supercar pun melontarkan banyak pujian untuknya.

Interior bagian depan Lamborghini Miura SV – dok.Istimewa via Autoevolution

Terlebih, dari segi estetika, Lamborghini melakukan ubahan alis di sekitar lampu depan dengan bentuk yang lebih sederhana ketimbang pendahulunya. Lagi-lagi, ubahan ini berbuah pujian dari banyak orang.

Kelebihan lain dari Miura SV yang dikenang dunia adalah performanya yang mengesankan. Data spesifikasi menyebut kecepatan tertinggi Miura SV – secara resmi – mencapai 290 kilometer per jam.

Bahkan, untuk menempuh jarak 1 kilometer pertama hanya butuh waktu 24 detik. Meski banyak supercar model terbaru – dari berbagai merek – tak sedikit yang berhasil menyamai atau bahkan melebihi, namun hingga saat ini kinerja yang impresif Miura SV itu masih dikenang orang, karena memang mengesankan.

Tampilan belakang Lamborghini Miura SV – dok.Istimewa via Petrolicius

Itulah catatan emas yang masih berkilau untuk Lamborghini Miura SUV di ulang tahun emasnya – 50 tahun – pada Maret tahun 2021 ini. (Ara/Berbagai sumber)

CATEGORIES
TAGS
Share This