Hot Wheels Tesla Roadster Ikut Roket ke Luar Angkasa

Hot Wheels Tesla Roadster Ikut Roket ke Luar Angkasa

Tesla_Starman Pada mobil Hot Wheels di atas dashboard juga terdapat replika ‘Starman’ yang menjadi pengemudi mobil berukuran aslinya. (collectSPACE)

Cape Canaveral, Motoris – Meluncurnya roket pertama SpaceX Falcon Heavy milik Elon Musk ke luar angkasa mengundang perhatian dunia, awal Februari 2018 lalu. Dalam peluncuran pertama ini, pria berjuluk “The Real Tony Stark” ini memboyong replika mobil listrik Tesla Roadster dalam penerbangan ke luar angkasa.

Lebih menarik lagi, ternyata bukan satu mobil replika saja yang ikut dalam momen bersejarah itu, tapi ada Tesla Roaster lain yang ikut, dalam bentuk diecast alias mobil mainan berskala 1:64 yang menempel di dasbor.

Kenyataan ini pertama kali disadari oleh seorang kolektor Hot Wheels yang menulis di situs forum Reddit. “FYI: Jika Anda memiliki (HW) Tesla Roadster ekstra, sekarang adalah saat yang tepat untuk menjualnya. Peluncuran SpaceX turut menaikkan nilainya,” tulis sang kolektor.

Hot Wheels Tesla Roadster merah itu hanya berbanderol US$ 1.09 atau sekitar Rp 14.000-an saat dijual di toko mainan pada 2016. Harga kemudian naik pada Januari 2018, ada yang menjual via eBay  US$ 5 – 15 (Rp 65.000-Rp 195.000), tergantung kondisi fisik. Kemudian, akibat SpaceX, tepatnya seminggu setelah peluncuran, mainan ini ikut meroket jadi US$ 100 (Rp 1,3 juta), bahkan ada yang menjual hingga lebih dari US$ 150 (Rp 1,95 juta).

Ihwalnya, Musk menempatkan diecast lansiran Hot Wheels itu pada dasbor Roadster atas saran seorang teman. Disebut Musk sebagai “The little car in the car”, setelah meluncur 6 Februari 2018, kini Hot Wheels tersebut tengah dalam perjalanan menuju orbit planet Mars.

Baca juga: Miliuner Edan, Campur Cat dengan Debu Bulan buat Hypercar

Tahun 2016, Hot Wheels menawarkan dua varian Tesla Roadster. Varian Super Treasure Hunt (kiri) memiliki warna yang serupa dengan mobil yang tengah menuju Mars. (collectSPACE)

“Hal ini bisa dibilang konyol dan menyenangkan, namun hal yang konyol dan menyenangkan adalah hal penting. Saya pikir apa yang ada di balik ide ini adalah untuk membuat orang-orang di seluruh dunia menjadi lebih bersemangat,” kata Musk, CEO SpaceX maupun Tesla.

Beberapa foto yang diambil saat Live Video di mana Roadster tampak mengorbit Bumi memang tak menunjukkan seberapa jelas Hot Wheels yang berada di atas dasboar. Sebab ini juga, membuat kolektor tak dapat memastikan versi Hot Wheels Tesla Roadster manakah yang benar-benar menempel di sana.

Hot Wheels Tesla Roadster pertama kali dijual oleh Mattel 2008, bersamaan dengan pemasaran model aslinya. Saat itu, Hot Wheels menawarkan Tesla Roadster dalam baluran warna, biru, perak, dan merah, dengan interior coklat muda. Selanjutnya, 2016, Hot Wheels kembali mengeluarkan Tesla Roadster, berkelir merah dengan interior hitam.

Tahun ini, produsen mainan asal Amerika Serikat (AS) ini juga mengeluarkan edisi terbatas Tesla Roadster “Super Treasure Hunt” berkelir metallic dark red Spectaframe yang kemudian menjadi warna replika Tesla Roadster yang diterbangkan oleh Musk.

Lebih menariknya lagi, Musk juga membuat replika dari boneka astronot yang sedang mengendarai Tesla Roadster yang dia sebut ‘Starman’. “Di sana ada Roadster kecil dengan angkasawan kecil,” ujar Musk.

Dan dengan popularitas peluncuran Falcon Heavy yang tinggi, membuat para fans Hot Wheels dan SpaceX berharap Mattel akan memproduksi edisi special Starman dengan mobil Tesla Roadster-nya di masa mendatang. Kita tunggu saja. (BIL)

CATEGORIES
TAGS
Share This