Sadis, Transformasi VW Combi Jadi Chopper Custom

Sadis, Transformasi VW Combi Jadi Chopper Custom

Jakarta, Motoris – Dunia custom dan modifikasi jelas memiliki perbedaan yang jauh. Bila modifikasi lebih mengambarkan perubahan dari tampang standar, maka custom benar-benar merombak semua lini motor menjadi karya baru.

Paling keren lagi mengolaborasi antara motor dan mobil, salah satunya seperti Volkswagen Motorcycle karya Lulut Wahyudi dari Retro Classic Cycle. Builder asal Yogyakarta ini mencoba melakukan kawin silang antara mesin VW dual port berkapasitas 1.600 cc pada sasis motor yang dibuatnya sendiri.

Mesin yang dimaksud merupakan milik VW Combi. Untuk menyematkan ke dalam motor bukan perkara mudah, pasalnya hampir tiap sudut haru diperhatikan, belum lagi ditambah dengan struktur rangka yang wajib mampu menopang mesin.

Tidak hanya itu, mesin pun diracik ulang agar konfigurasinya bisa sesuai dengan motor. Salah satunya seperti mengatur kembali sistem transmisi yang diubah menjadi empat percepatan dan tanpa perlu lagi dioperasikan dengan tuas, namun sistem injak seperti motor reguler.

Lulut mengatakan hadirnya karya ini merupakan persembahan untuk dunia custom sekaligus menyalurkan cinta terhadap VW.

Baca juga: T-500 Cross, Motor Custom Indonesia Pameran di LA

Sasis motor ini dibuat sendiri, dengan mempertimbangkan kekuatan, membopong mesin. (IST/Retro Classic Cycle)

“Semua rancangan frame hingga modifikasi bagian transmisi saya kerjakana di bengkel. Akurasinya tetap terjaga agar motor ini bisa tetap nyaman saat digunakan,” kata Lulut, beberapa waktu lalu.

Usai terpasang, dan diuji coba hasilnya cukup memuaskan. Langkah selanjutnya tinggal membuat cover bodi, tangki, dan jok untuk melengkapi karnyanya. Pembuatanya pun lagi-lagi dilakukan secara handmade menggunakan material aluminium.

Kaki-kaki dibuat kokoh menyeimbangi tampilan mesin dan untuk menjaga handling saat berkendara. Suspensi depan menggunakan fork telescopic 41 mm yang sudah dilapis krom, sedangkan sektor belakang menggunakan Ohlins, yang disinergikan dengan pelek dan ban besar pada kedua sektornya.

Uniknya, Lulut memberikan sentuhan seni lain pada bodi dan rangka melalui pinstriping dan lattering digarap oleh senimanan Danny Hacka.

“Volkswagen Motorcycle menjadi bukti bahwa karya ini lahir dari pemikiran dan proses hasil sumber daya yang dimiliki Indonesia. Mari kita bicara dengan karya,” kata Lulut. (SQL).

Mesin dual port berkapasitas 1.600 cc milik VW Combi mendapat ubahan khususnya pada transmisi. (IST/Retro Classic Cycle)

CATEGORIES
TAGS
Share This