Ajang Asyik Bagi Anak Zaman Now Penyuka Mobil Klasik

Ajang Asyik Bagi Anak Zaman Now Penyuka Mobil Klasik

Jakarta, Motoris – Hobi mengoleksi mobil klasik kini tak hanya mewabah di kalangan orang tua saja, tetapi juga anak-anak muda jaman now. Maklum, memiliki mobil vintage  memang bisa bukan sekadar hobi semata tetapi juga untuk investasi.

Melihat tren di kalangan para milenials itulah, akhir Maret lalu Perhimpunan Pengguna Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) menggelar pameran bertajuk “classic for the young generation”. Hajatan yang berlangsung di Maxxbox Lippo Village Karawaci, Tangerang, itu disesaki kalangan muda pemilik  dan penyuka mobil lawas.

Tak kurang dari 50 mobil klasik retro lansiran tahun 80-90-an mejeng di gelaran tersebut. Mereka terdiri dari berbagai merek, baik dari Eropa, Amerika,  maupun Asia khususnya Jepang.

Menariknya, para peserta maupun pengunjung tak hanya dimanjakan dengan suguhan mobil retro klasik saja, tetapi diberi tambahan wawasan seputar mobil lawas itu. Tak hanya soal pemburuan, perawatan, dan berbagai seluk beluk teknis terkait mobil, tetapi juga bagaimana prospek investasi pada mobil vintage.

Dua orang narasumber yakni Helmie Sarosa dan Jujuk Margono didaulat berbagi pengalaman dan pengetahuan soal itu. Intinya, prospek investasi di mobil klasik sangat menjanjikan, asalkan memiliki pengetahuan dan kemauan untuk merawat dengan baik dan benar.

Baca juga: Cars & Coffee, Semua Ada di Sini

Alfa Romeo GTV, salah satu koleksi yang ikut nimbrung di classic for the young generation, akhir pekan lalu. (MOTORIS/REV)

Para pengunjung  pameran pun terlihat antusias ‘menggerayangi’ tampilan satu demi satu mobil-mobil yang dipajang. Terlebih, panitia membuat tatanan deretan mobil secara apik.

Mobil-mobil itu dikelompokan berdasar negara asal dan tahun pembuatannya. Alhasil, para pengunjung awam atau mereka yang baru meminati mobil klasik pun paham sejarah mobil-mobil klasik itu dari waktu ke waktu.

Di deretan mobil Holden misalnya, disuguhkan Holden Premiere, Statesment, Belmouth UTE, dan tak ketinggalan Holden GTS dua pintu. Sementara di jajaran mobil asal Jepang, terdapat Toyota Corolla generasi keempat atau Corolla DX.

Hampir semua varian DC hadir di pameran ini. Mulai Corolla DX yang banyak beredar di Indonesia, hingga versi GT yang bermesin 2-TG. Bahkan versi USDM yang memiliki kemudi di sebelah kiri, versi dua pintu, dan versi station wagon pun ada.

Mobil lawas besutan Toyota lainnya yang nampang di pameran ini adalah Toyota Celica TA22 yang ngetop di dunia Rally tahun 70-an. Selain itu ada juga Mazda MX6 2 pintu yang ngehits di tahun 90-an.

Sedangkan mobil asal Eropa yang ditampilkan antara lain Mercedes-Benz Pagoda, Alfa Romeo GTV, Mercedes Benz G-Class, dan Volkswagen Combi Double Cabin. Mobil-mobil ini berhasil membetot erhatian pengunjung.

Acara semakin asyik, karena juga digelar kompetisi foto lewat instragram untuk pengunjung dengan hashtag #PPMKInewgen. Kompetisi ini bertujuan agar masyarakat, khususnya kaum muda, lebih lebih tertarik memiliki mobil classic-retro. (Rep)

Toyota Celica TA22, salah satu model yang hits di era 1970-an. (MOTORIS/Rev)

CATEGORIES
TAGS
Share This