Restorasi Gila BMW 507 Bekas Milik Elvis Presley (1)

Restorasi Gila BMW 507 Bekas Milik Elvis Presley (1)

California, Motoris – Sebuah BMW 507 yang pernah digunakan pembalap legendaris, Hans Stuck, dan dimiliki oleh Raja Rock N’Roll, Elvis Presley dipamerkan Museum BMW dengan tema Unrestored Discovery pada 2014. Namun, saat dipamerkan di museum yang berada di Munich, Jerman, itu berbagai keraguan pun muncul.

Benarkah mobil ini pernah dimiliki oleh Elvis? Apa mungkin mobil ini dapat direstorasi secara sempurna?. Begitulah serangkaian tanda tanya yang muncul dari kalangan pemerhati dan pecinta mobil klasik.

Maklum, selain telah berpindah tangan atau kepemilikan hingga beberapa kali, mobil itu juga mengalami modifikasi yang radikal demi memuaskan keinginan sang pemilik. Cerita ini bermula di saat BMW memperkenalkan konsep roadster BMW 507 di Frankfurt International Motor Show 1955.

Setelah dua tahun atau tepatnya 13 September 1957, versi produksi telah lahir dan langsung dipamerkan di ajang Frankfurt International Motor Show 1957. Pemberitaan dari media begitu gegap gempita.

Baca juga: Toyota Corolla DX, Memori Sekaligus Investasi

Wujud asli Roadster BMW 507 sebelum dilakukan restorasi – dok.Istimewa

Termasuk, saat para jurnalis otomotif melaporkan hasil tes drive mobil berplat nomor M-JX 800 itu. Kabar semakin meluas, saat BMW pada Oktober 1957 memboyongnya ke hajatan London Motor Show 1957 dan kemudian Turin Motor Show 1957.

Saking kondangnya, musim panas 1958, mobil ini sempat digunakan di film ‘Hula-Hopp Conny’ yang dibintangi Cornelia Froboess dan Rudolf Vogel. Sontak, kabar itu memantik minat sederet selebriti papan atas dunia kala itu – antara lain Alain Delon, Ursula Andress, hingga John Surtees – untuk datang melihat dan memilikinya.

Sementara, Elvys Presley, yang di tahun 1958 menjalani program wajib militer bagi warga negara Amerika Serikat dan ditempatkan di Jerman, juga penasaran dengan kabar tersebut. Bintang Rock N’Roll berusia 23 tahun ini, langsung menyambangi diler BMW.

Misteri mulai terjadi

Setibanya di diler, Elvis begitu kagum dan memutuskan untuk membeli BMW 507 dengan nomor chassis 70079 itu. Dia selalu mengendarai BMW ini dari rumahnya di Bad Nauheim menuju markas Angkatan Darat Amerika di Friedberg.

Kehadiran BMW 507 itu semakin membuat Elvys semakin mengkilap di mata para penggemarnya. Para wanita yang juga pengagumnya, selalu membuntuti kemana pun sangat bintang pergi dan meninggalkan rona lipstik kecupan bibir pada bodi BMW 507 tersebut.

Hanya, sebagai seorang anggota militer, Elvis merasa malu dengan kejadian seperti itu. Alhasil, dia pun memutuskan agar BMW 507 ini dicat merah.

Baca juga: Datsun P510 di Kemayoran, Legenda yang Bikin Penasaran

Jack Castor pemilik terakhir mobil BMW 507 bekas milik Elvis Presley saat menunjukan rongsokan mobil itu kepada wartawan – dok.Istimewa

Maret 1960, masa wajib militer yang harus dijalani berakhir. Elvis pun harus pulang ke negaranya, Amerika Serikat. Tak lupa dia membawa serta BMW 507 kesayangannya itu.

Tapi setelah beberapa bulan digunakan di tanah airnya, pria kelahiran Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat, 8 Januari 1935 itu merasa bosan. Dia ingin berganti mobil baru dan menukarnya dengan sebuah Chrysler baru, di New York.

Dan tak lama kemudian, diler Chrysler itu menjual lagi BMW 507 itu dengan harga yang sangat murah kepada seorang penyiar radio, Tommy Charles. Di sini misteri atau tepatnya kekacauan dalam sejarah mobil ini mulai terjadi.

Tommy membawa BMW 507 tersebut menuju kota Birmingham, Alabama, dan digunakan untuk event balap. (Bersambung) . (Adp)

Baca Lanjutannya:

 

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-MR2 Rally Look, Sedan Mid-Engine Legendaris Toyota.

CATEGORIES
TAGS
Share This