Lee Iacocca, Pemoles Ford dan Penyelamat Chrysler (bagian 1)

Lee Iacocca, Pemoles Ford dan Penyelamat Chrysler (bagian 1)
Lee Iacocca decat Heny Ford ketika di puncak karir dan prestasi - dok.Istimewa

Los Angeles, Motoris – Lido Anthony Iacocca  atau Lee Iacocca, dikenal sebagai sosok di balik kegemilangan Ford Motor Company dan “pembangkit” Chrysler dari keterpurukan. Kegigihan pria yang wafat dalam usia 94 tahun- pada Selasa (2/7/2019) lalu – itu dalam menggapai suskses telah menginspirasi banyak orang.

Iacocca yang lahir di Pennsylvania, Amerika Serikat, 15 Oktober 1924 itu memulai karirnya di  Ford Motor Company pada tahun 1946, yakni di divisi teknik.  Namun, selang empat tahun kemudian – tepatnya di tahun 1950 – dia mengajukan permohonan untuk bergabung ke divisi pemasaran dan penjualan.

Sebab, bagi putra pasangan Nicola Iacocca dan Antoinette Perrotta itu, dunia pemasaran dan penjualan jauh lebih menarik. Terlebih, menurut dia, sudah banyak ahli teknik di perusahaan tersebut. Dan yang kurang , justeru orang-orang yang bisa menjual lebih banyak produk.

Terlebih, fakta yang mengusik ketenangan Lee adalah, meski kualitas mobil Ford jauh lebih oke dibanding para pesaing namun penjualan kurang mencorong. Dia pun menganalisa. Hasilnya, ada yang kurang tokcer dalam strategi penjualan.

Lee Iacocca saat masih menjadi eksekutif Ford dalam sebuah acara peluncuran model baru – dok.Crascoops

Singkat cerita, dia langsung menyodorkan sejumlah terobosan. Dia berhasil membuktikan kepiawaiannya dalam memasarkan sekaligus menjual produk. Lantaran itulah, tak heran jika jabatan asisten manajer dia duduki hanya dalam beberapa tahun setelah dia bergabung ke divisi tersebut.

Berkat ide-idenya memang cemerlang. Salah satunya, memacu penjualan produk-produk Ford melalui program uang muka 20% dan cicilan ringan hingga tiga tahun. Mobil For pun laku keras bak kacang goreng.

Lagi-lagi, berkat kegemilangan itu, pada 10 November 1960, bos besar Ford memanggilnya  untuk datang ke markas Ford di Deraborn, Michigan. Dia dipromosikan sebagai Vice President & General Manager Divisi Pemasaran dan Penjualan.

Prestasi cemerlang
Keeneran otak, ketajaman visi bisnis dan kerja kerasnya menjadi ciri khas pria berdarah Itali itu. Dia merupakan “penggila” kerja. Sejarah mencatat, di rentang waktu 1960-an itu pula, Lee berpartisipasi dalam pengembangan sederet mobil kondang Ford. Diantaranya, Ford Mustang, Continental Mark III, Ford Escort. Bahkan dia membangkitan merek mobil Mercury pada akhir 1960-an.

“Aku lebih suka mengamati dan berinteraksi langsung dengan calon pelanggan ke diler-diler atau tempat-tempat dimana mobil Ford dijual. Berdialog dan merasakan apa yang mereka inginkan, mereka butuhkan, dan imajinasi mereka terhadap mobil dan pembeliannya, adalah pengalaman dan pelajaran berharga,” tuturnya dalam sebuah pengakuan di salah satu buku otobiografi.

Lee Iacocca berhasil membawa Ford meraih kegemilangan dan menyelamatkan Chrysler dari kebangutan – dok.Istimewa

Berkat kemonceran prestasi iru, jalan karir pun terbuka begitu luas dan lempang. Pada Januari 1965 dia diangkat menjadi wakil presiden untuk Mobil dan Truk Ford. Tahun 1967, jabatannya naik lagi menjadi Executive Vice President Ford Motor Company, dan tiga tahun kemudian atau tepatnya pada 10 Desember 1970, Lee telah didapuk sebagai President dari perusahaan tersebut.(Ara/Bersambung)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This