Berkekayaan Rp 587 T, Bos Walmart Pakai Pikap Rp 126 Jutaan

Berkekayaan Rp 587 T, Bos Walmart Pakai Pikap Rp 126 Jutaan
Jim Walton pemilik jaringan supermarket Walmart - dok.CNBC

Arkansas, Motoris – Pewaris kerajaan bisnis toko eceran kondang asal Amerika Serikat – Walmart – James Carr Walton, disebut majalah ekonomi Forbes, memiliki kekayaan US$ 41,9 miliar atau sekitar Rp587 triliun. Namun, untuk kendaraan sehari-hari, pria 71 tahun yang akrab disapa dengan Jim ini menggunakan pikap Dodge Dakota lansiran 2004.

Seperti dilaporkan laman NBC dan Hotcars, belum lama ini, Jim mengaku tak masalah jika mengemudikan pikap tersebut. Bahkan, kemana pun dia pergi – selama masih berada di wilayah Amerika Serikat – akan mengemudikannya sendiri.

“Nyaman, mudah, dan irit. Saya sangat suka dengan ketangguhan dan kenyamanan, apalagi kalau itu hemat,” ucapnya suatu ketika soal mobil tunggangannya yang ditaksir – kini – berharga US$ 8.000 – 9.000 atau sekitar Rp 126 jutaan itu.

Jim juga diketahui merawat sendiri mobil kesayangannya itu. Termasuk ketika harus ke bengkel, atau ke tempat-tempat perawatan mobil.

Memang, seperti dilaporkan Foxbusiness, umumnya orang tak akan pernah tahu atau tidak menyangka bahwa  sosok penunggag pikap yang mereka temui di jalan atau yang tengah mereka ajak ngobrol adalah salah satu konglomerat di Amerika Serikat. Tampilab Jim memang berbeda dengan orang-orang tajir pada umumnya.

Dodge Dakota Tahun 2004 milik Jim Walton – dok.Istimewa

“Jim dan keluarga Walton lainnya selalu tampil sederhana. Mereka menggunakan mobil lawas, dan berpkaian sederhana. Mereka tidak seperti kalangan atas yang selalu berusaha menjaga penampian,” tulis media itu.

Pria yang lahir di Newport, Jackson County, Arkansas 7 Juni 1948  itu merupakan anak keempat dari pendiri Walmart, Sam Walton dan Helen Walton. Penyuka olah raga bisbol  yang lulus dari jurusan Administrasi Bisnis Pemasaran dari University of Arkansas di Fayetteville pada tahun 1971 tersebut, kini memegang sejumlah jabatan penting di Walmart Group.

Selain menduduki jabatan tertinggi di Walmart, dia juga didapuk sebagai CEO Arvest Bank – bank milik Walmart Group – dan perusahaan penerbitan media, Community Publishers Inc. (CPI). Pada bulan September 2016, dia dilaporkan memiliki lebih dari 152 juta saham Walmart dengan nilai lebih dari US $ 11 miliar. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This