Disukai Aliansi, Makoto Uchida Jadi CEO Baru Nissan

Disukai Aliansi, Makoto Uchida Jadi CEO Baru Nissan
Makoto Uchida kini menjadi CEO Nissan menggantikan Carlos Ghosn yang terbelit kasus manipulasi keuangan - dok.Kyodo News via Associated Press

Tokyo, Motoris – Nissan Motor telah menunjuk Makoto Uchida – bos Nissan Motor di Cina – sebagai Chief Executive Officer baru menggantikan Yashiro Yamauchi, CEO sementara pasca mundurnya Hiroto Saikawa pada 16 September lalu, karena tersandung kasus. Padahal, Hiroto naik ke tampuk pimpinan pabrikan tersebut untuk menggantikan Carlos Ghosn yang juga terseret kasus manipulasi keuangan.

Seperti dilaporkan laman Financial Times, Forbes, dan Carscoops, Rabu (9/10/2019), Uchida yang merupakan alumni jurusan teologi Universitas Doshisha, Jepang, itu mulai menjalankan tugasnya secara efektif pada 1 Januari 2020 mendatang.

“Kami mengharapkan Tuan Uchida untuk memimpin perusahaan sebagai sebuah tim. Segera fokus pada pemulihan bisnis dan merevitalisasi perusahaan untuk membuat Nissan baru,” kata Chairman Nissan, Yasushi Kimura di hapadan para wartawan usai rapat Dewan Nissan, di Tokyo, Rabu (9/10/2019).

Sejumlah sumber di aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi menyebut, terpilihnya Uchida merupakan kemenangan aliansi. Pasalnya, pria kelahiran Jepang 53 tahun lalu ini, dinilai sangat paham soal bisnis yang dijalani anggota aliansi.

Makoto Uchida dalam sebuah pertemuan bisnis – dok.Carscoops

“Terpilihnya Uchida dan Gupta merupakan kemenangan bagi aliansi. Keduanya paham benar soal bisnis dan siap membantu Nissan pulih. Uchida terpilih secara aklamasi, artinya bisa diterima semua pihak,” ungkap seorang sumber yang dekat dengan Renault, kepada Automotive News.

Memang, Uchida akan menahkodai “kapal” Nissan dengan dibantu mantan eksekutif Renault yang juga Chief Operating Officer (COO) di Mitsubishi Ashwani Gupta dan Jun Seki, yang ditunjuk sebagai Wakil COO. Mereka juga dipercayai untuk membentuk tim kepemimpinan di Nissan.

“Kami menantikan Gupta dan Seki memanfaatkan sepenuhnya keahlian dan pengalaman mereka untuk mendukung CEO baru,” kata Yasushi Kimura menambahkan.

Ilustrasi, salah satu produk Nissan di Indonesia, yakni Nissan New Livina saat dpamerkan di i hajatan GIIAS 2019 – dok.Motoris

Bukan orang baru
Melihat catatan perjalanan karirnya, Uchida bukanlah orang baru di Nissan. Tercatat, setelah lulus dari perguruan tinggi, dia bergabung dengan Nissho Iwai Corporation. Pada Oktober 2003, secara resmi Uchida menjadi bagian dari Nissan Motor Co.

Pada September 2012, pria ramah itu bergabung dengan Renault Samsung Motors. Selang dua tahun kemudian – tepatnya April 2014 – dia dipercaya sebagai Direktur Program di Nissan Motor Co.

Jabatan tersebut menjadi batu pijakan bagi Uchida untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi. Terbukti, kurang dari dua tahun, dia telah menduduki jabatan Corporate Vice President for Nissan-Renault Alliance Purchasing. Jabatan ini dia emban secara resmi pada November 2016.

Makoto Uchida, yang saat ini masih menjadi bos Nissan di Cina – dok.Carscoops

Jalan karirnya pun semakin lempang ketika dia dipromosikan sebagai Senior Vice President, Nissan Motor Co. Tak butuh waktu lama, Uchida dipercaya sebagai Presiden Dongfeng Motor Co sekaligus Ketua Komite Manajemen. Bahkan, kemudian dia diangkat sebagai Presiden Dongfeng Motor Co, Ltd pada April 2019. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This