Jeff Bezos, Orang Terkaya Sedunia Pecinta Sedan Honda

Jeff Bezos, Orang Terkaya Sedunia Pecinta Sedan Honda
Jeff Bezos - dok.Newsweek

Seattle, Motoris – Pendiri sekaligus pemilik perusahaan dagang online atau toko daring Amazon – Jeff Bezos – seperti dilaporkan majalah bisnis Forbes, awal tahun ini memiliki kekayaan senilai US$ 108 miliar atau sekitar Rp 1.522 triliun (dan menjadi US$ 150 miliar atau Rp 2.115 triliun di akhir semester dua tahun ini). Namun, untuk urusan tunggangan, pria kelahiran Albuquerque, New Mexico, 55 tahun lalu itu cukup sederhana.

Fakta berbicara – hingga akhir 2018 dan awal 2019 – Bezos masih bersedia naik sedan Honda Accord lansiran tahun 2013. Tetapi bukan kali ini saja,pria bernama lengkap Jeffrey Preston Bezos itu menjadikan Honda Accord sebagai kendaraan sehari-hari.

Bahkan, dia meenggunakannya sejak  tahun 1997, yakni sesaat setelah  perusahaan yang dia dirikan – Amazon.com – mulai melambung dan berhasil masuk ke bursa saham di Amerika Serikat. Honda Accord dia beli untuk menggantikan kendaraan lama.

Sebelumnya, kemana pun pergi, Bezos menunggangi Chevrolet Blazer buatan tahun 1987. SUV ini pula yang menjadi andalannya ketika mengirimkan paket pesanan pembeli dari berbagai penjuru negeri ke kantor pos.

“Kami mendirikan Amazon pada tahun 1994. Itu terjadi ketika aku baru menikah dan berhenti dari pekerjaan di bursa (saham) Wall Street. Saat itu kami memiliki 10 karyawan. Tetapi saban hari saya sendiri yang mengantarkan paket pesanan ke kantor pos dengan Chevy Blazer 1987. Dia merupakan mobil yang bersejarah bagi kami,” paparnya kepada GreekWire pada suatu ketika.

Honda Accord 1996, sedan Honda yang pertama dibeli Jeff Bezos – dok.The Sun

Ditemani kendaraannya itu, dia tak henti mengantarkan barang-barang pesanan – yang di awal-awal berdiri masih penjualan buku – setiap hari selama sepekan penuh. Kegigihan dan keuletan Bezos berbuah manis.

Terbukti, hanya selang tiga tahun sejak berdiri, Amazon telah berhasil mencatatkan pendapatan yang gemilang. Keuntungan demi keuntungan terus dibukukan. Alhasil, Bezos pun berani menjual sahamnya ke publik. Ternyata strategi ini tokcer. Kinerja penjualannya membubung, bahkan terus mencorong dari tahun ke tahun.

Tak hanya nama Bezos yang mengkilap di jagat bisnis Negeri Abang Sam, tetapi juga Amazon.com. Jumlah kekayaanya pun berlipat. Menurut taksiran Bloomberg – kala itu – nilai kekayaan sarjana sains lulusan Universitas Princeton ini telah mencapai US$ 12 miliar (atau jika dikurskan dengan nilai rupiah saat ini sekitar Rp 169,2 triliun).

Sebuah nilai kekayaan yang tak sedikit tentunya. Bezos telah menjelma menjadi miliader baru di Amerika Serikat. Sepak terjang dan kisah suksesnya tersiar ke seluruh penjuru bumi. Ide-ide bisnisnya terus vdiintip para pesaing karena telah berhasil menginspirasi banyak orang.

Honda Accord Jeff Bezos yang diketahui dibeli tahun 2013 dan masih digunakan hingga kini – dok.Istimewa

Seiring dengan peningkatan kelas perusahaannya yang menjadi perusahaan publik dengan skala bisnis yang kian membesar, Bezos merasa perlu mengganti tunggangannya. Dia membutuhkan sedan yang bisa digunakan untuk menghadiri berbagai pertemuan. Bezos butuh kendaraan yang menyokong penampilannya.

Tak dinyana, sedan yang dipilih adalah Honda Accord keluaran tahun 1996. Bukan Mercedes-Benz, Audi, Rolls Royce, BMW, atau lainnya. Tak pelak, semua orang terbelalak heran dengan pilihan tersebut. Maklum, sejatinya Bezos mampu membeli sedan-sedan yang jauh lebih mewah dari Accord.

Fungsional
Melihat pilihan Bezos itu, seorang wartawan televisi CBS, Bob Simon, yang mewawancarainya di acara “60 Minutes” pada tahun 1999 bertanya kepadanya. “Mengapa pilihan Honda? Ada apa dengan Honda (Accord) itu,” tanya sang jurnalis.

Mendengar pertanyaan itu, Bezos pun terbahak. Sejurus kemudian dia menjawab dengan singkat. “Ya, karena mobil ini sangat bagus. Saya melihatnya dari aspek fungsional. Semua orang membeli mobil mungin tujuannya berbeda-beda, tetapi bagi saya tujuan utamanya adalah aspek fungsinya, itu yang terpenting,” kata dia.

Bugatti Veyron, salah satu mobil mewah koleksi Jeff Bezos – dok.Istimewa

Bahkan, pria yang tercatat beberapa kali berganti pekerjaan sebelum mendirikan Amazon – antara lain menjadi account officer Bankers Trust, marketing investasi DE Shaw & Co, dan pialang saham di Wall Street – ini belum pernah terdengar melego sedan Honda Accord miliknya.

Ketika di memutuskan untuk berganti kendaraan pada tahun 2013 lalu, Bezos juga kembali memilih Honda Accord  keluaran terbaru sebagai kendaraan dinasnya. Lagi-lagi, alasannya tetap sama yakni, dia menyukai. Rasa sreg ketika berada di dalamnya, dirasa cukup kuat menjadi alasan untuk memilih.

Jet pribadi Jeff Bezos – dok.South China Morning Post

Bezos kini telah memiliki koleksi mobil eksotik, mulai dari hyper car hingga mobil antik nan langka. Bahkan, pesawat jet pribadi pun dia punya. Kendaraan-kendaraan super mewah ini tak jarang dia gunakan, meski begitu dia tetap setia dan tidak pernah melupakan sedan Honda. Dia masih terus merawatnya. (Ara/Berbagai sumber)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This