Aliko Dangote, Miliuner Nigeria Pemborong 10.000 AMMDes

Aliko Dangote, Miliuner Nigeria Pemborong 10.000 AMMDes
Aliko Dangote, miliuner asal Nigeria - dok.Business Insider

Jakarta, Motoris – AMMDes (alat mekanis multiguna pedesaan) dipastikan bakal di ekspor ke Nigeria, Afrika Barat. Seorang pengusaha kaya asal Nigeria, Aliko Dangote baru saja melakukan pembelian 10 ribu unit kendaraan yang rencananya dikirimkan secara bertahap dalam kurun waktu 5 tahun.

Diketahui, harga jual AMMDes berada di kisaran harga Rp70 juta hingga Rp140 juta. Artinya nilai kontrak pembelian mister Dangote bisa mencapai Rp700 miliar hingga Rp1,4 triliun. Hal itu tentu saja akan berpengaruh positif terhadap kinerja PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) sebagai produsen mobil Pak Tani.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Industri Putu Juli Ardika mengatakan penyelesaian pesanan pembelian akan dikerjakan secara bertahap selama 5 tahun. Tahun ini ditargetkan dapat terkirim sebanyak 1.000 unit.

“Pemesanannya dilakukan melalui perusahaan Dangote Group. Mereka sangat berminat untuk melakukan impor, untuk costumer disana,” katanya di Jakarta.

AMMDes di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Adapun jenis AMMDes yang dipesan lanjut Putu adalah AMMDes untuk penyedia air, pengolahan kasava dan penanganan biji-bijian. Kapasitas produksi yang dimiliki KMWI sendiri sebenarnya sudah cukup baik, tercatat perusahaan memiliki kapasitas produksi terpasang sebesar 8.000 unit per tahun.

AMMDes sendiri saat ini terbagi atas 3 varian. Mulai dari model fix bin dengan PTO Power Take Off (PTO – mengambil tenaga dari power source dan mentransmisikannya untuk aplikasi yang lain) dan model fixed bin yang didukung alat mesin pertanian.

Selain itu juga tersedia model flat deck atau passanger dengan PTO. Untuk unit AMMDes KMW yang memiliki fasilitas integrated PTO, dapat diaplikasikan dengan aplikasi pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator, dan berbagai peralatan lainnya.

AMMDes versi standar – dok.Motoris

Siapa Aliko Dangote?
Dangote Group sendiri merupakan grup perusahaan multi nasional yang dimiliki oleh orang terkaya di Afrika, Aliko Dangote. Dia memiliki bisnis semen yang dinamakan Dangote Cement.

Pria kelahiran 1957 itu juga memilki bisnis lain yang bergerak di bidang produksi garam, tepung dan gula. Melansir Forbes, Aliko Dangote berada di peringkat 136 untuk orang terkaya di dunia. Jumlah kekayaannya mencapai US$10,4 miliar atau jika dirupiahkan mencapai kisaran Rp 156 triliun.

Dia memiliki 85% saham Dangote Cement melalui grup Dangote. Jumlah produksi tahunannya mencapai 45,6 juta ton semen. Jumlah tersebut mencapai lebih dari setengah kebutuhan semen di Indonesia yang mencapai 70 hingga 75 juta ton semen.

Aliko Dangote – dok. The Guardian Nigeria

Operasionalisasi pabrik semennya sudah mendunia. Perusahaan itu memiliki 10 kantor yang beroperasi di seluruh wilayah Afrika. Selain semen, Aliko Dangote juga memiliki bisnis garam, gula dan juga tepung sebagai diversifikasi bisnisnya. (Gen)

CATEGORIES
TAGS
Share This