Gale Halderman, “Bapak” Ford Mustang Tutup Usia

Gale Halderman, “Bapak” Ford Mustang Tutup Usia
Gale Halderman di museum yang didirikannya - dok.Wysoorg

Ohio, Motoris – Sosok di balik kesohoran desain mobil ikonik Ford Mustang – Gale Halderman – telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta pada Rabu (29/5/2020). Kanker hati yang menggerogoti tubuhnya sejak beberapa tahun terakhir menjadi penutup perjalanan hidupnya di usia 87 tahun.

Halderman lahir di Kota Tipp, Ohio, pada tahun 1933. Meski lahir dari keluarga petani, namun dia bercita-cita menjadi seorang sastrawan. Tetapi, dia juga memiliki hobi lain yang terbawa hingga akhir hayatnya. Sejak kecil Halderman senang menggambar kendaraan, khususnya bus.

“Saya senang menulis. Saya biasa menulis cerita tentang semua bus sekolah di sekolah. Saya juga menggambar bus-bus itu untuk melengkapi cerita yang salah tulis. Tetapi kemudian saya melihat orang menggambar desain televisi dan sepeda. Saya berpikir itu sesuatu yang lebih menarik. Karena menggambar barang-barang seperti itu, bagi anak laki-laki merupakan hal yang menarik,” ujar Halderman seperti dilansir laman Wyso, beberapa waktu lalu.

Masa muda Gale Halderman – dok.Istimewa via Autoblog

Waktu terus bergulir dan Halderman beranjak remaja, namun hobi menggambar dan menulisnya tak pupus. Justeru sebaliknya. Lantaran itulah, selepas sekolah lanjutan dia mendaftar Institut Seni Dayton dan lulus pada tahun 1954.
Singkat cerita, dia kemudian melamar ke studio desain milik Ford Motor Company dan diterima. Dia ditempatkan studio Lincoln-Mercury dan kemudian dipindah ke studio desain Ford.

Hanya dalam waktu empat tahun atau pada tahun 1958 dia sudah menduduki jabatan manager. Di jabatan itulah, beberapa karywa desain untuk Levacar, Mark IX, X Sixty Five, Astrion, Continental ‘61, dan Gyron dihasilkan timnya. Ia juga masuk sebagai tim pengawas desain.

Lantaran kemonceran kerjanya, Halderman kemudian dipercaya sebagai salah satu perancang Ford 1965 dan perancang utama Mustang. Di sinilah dia menorehkan sejarah perancangan mobil ikonik, Mustang. Termasuk merancang logo Mustang berupa kuda yang berlari kencang.

Gale Halderman dan sketsa mobil Ford Mustang hasil karyanya – dok.Istimewa via Autblog

Setelah 40 tahun berkarya di Ford, dia mengakhiri karir alias pensiun. Pada tahun 1994, dia membuka sebuah museum di kota asalnya, Tipp City, Ohio. Di sana, ia memiliki beberapa contoh Mustang generasi pertama, serta mobil Ford lain yang ia bantu desain seperti Lincoln Continental Mark VI dan Mark VIII.

Mencintai Mustang hingga akhir hayat
Halderman merasa Mustang dan mobil-mobil ikonik adalah bagian dari hidupnya. Kecintaan terhadp mobil-mobil ikonik itu bukan sekadar dia wujudkan dari koleksi mobil itu, namun dia masih aktif melakukan utak-atik desain mobil Mustang dengan gaya kekinian, meski itu hanya sebatas hobi pribadi.

“Dia sangat dihormati oleh seluruh komunitas Mustang. Ketika Lee Iacocca meninggal tahun 2019 lalu, Gale (Halderman) adalah legenda Mustang terakhir yang masih bersama kami. Dalam beberapa hal, ini adalah akhir dari era keemasan awal Mustang,” ungkap juru bicara keluarga yang juga penulis buku Mustang oleh Desain: Gale Halderman dan Penciptaan Ikon Mobil Pony Ford, Jimmy Dinsmore kepada Dayton Daily News.

Gale Halderman bersama Ford Mustang yang didesainnya – dok.Auto&Design

Pernyataan serupa diungkapkan kurator museum transportasi Henry Ford, Matt Anderson. Dia menyebut Halderman merupakan “Bapak” Mustang, dan menjadi figur inspiratif bagi para insinyur otomotif.

Tom Stahler dari Journal Classic Cars menyebut bahwa desain ikonis Mustang terjual lebih dari 8 juta unit merupakan bukti betapa menginspirasinya karya Halderman. “Karena desain enam generasi mobil yang terus dibangun selama lebih dari 50 tahun menggunakan pakem dan inspirasi dari Gale,” ucap dia seperti dikutip USA Today. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This