Saham Tesla Melesat, Elon Musk Terkaya ke-7 Sejagat

Saham Tesla Melesat, Elon Musk Terkaya ke-7 Sejagat
Elon Musk - dok.Istimewa via Polish News

California, Motoris – Pendiri yang juga Chief Executive Officer (CEO) pabrikan mobil listrik Tesla Inc – Elon Musk – dalam beberapa waktu terakhir menjadi topik perbincangan publik dunia. Setelah aksi “keras kepala” membuka operasi pabrik di tengah kebijakan lockdown di California karena wabah virus corona, kini dia menjadi pemberitaan utama karena menjadi orang paling kaya ketujuh dunia mengungguli Warren Buffet.

Posisi sebagai paling tajir itu terungkap dari indeks Bloomberg Billionaires. Seperti dilaporkan CNN, Sabtu (11/7/2020) nilai kekayaan pria kelahiran Pretoria, Afrika Selatan, 49 tahun lalu itu melejit setelah nilai saham Tesla Inc melesat. Harga saham pabrikan itu membubung hingga 10,8% hingga penutupan sesi perdagangan akhir pekan, pada Jumat (10/7/2020) kemarin.

Kini harga saham Tesla per lembarnya menjadi US$ 1.544. Sementara, Elon Musk masih tercatat sebagai salah satu penggengam utama saham Tesla. Pemilik dua gelar sarjana – ekonomi dan fisika – dari Wharton School di University of Pennsylvania itu, hingga saat ini masih memiliki 20,8% saham perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS) itu.

Sementara, Bloomberg, Sabtu (11/7/2020) menyebut saat ini nilai kekayaan pria yang dijuluki “Iron Man” tersebut mencapai US$ 70,5 miliar. Jika dikonversi dalam mata uang Indonesia, nilai itu sekitar Rp 1.022 triliun (dengan kurs US$ 1 = Rp 14.500).

Elon Musk di salah satu mobil listrik Tesla – dok.Istimewa

Sepanjang tahun ini, nilai saham Tesla telah naik hingga 269%. Alhasil, nilai perusahaan ikut terdongkrak. Dan ujung-ujungnya, gaji Musk pun ikut terkerek naik.

Padahal, di awal tahun ini dia mendapatkan gaji US$ 595 juta. Besaran gaji tersebut membawanya ke urutan pertama dalam daftar CEO bergaji tertinggi di Negeri Paman Sam.

Pundi-pundi fulus Musk kian menggelembung pada akir Mei lalu. Karena di bulan tersebut para pemegang saham Tesla menyetujui opsi saham senilai US$ 1,8 miliar kepadanya, selama jangka waktu 10 tahun.

Tetapi yang pasti, dengan kenaikan harga saham pada Jumat (10/7/2020) kemarin dan menjadikan nilai kekayaan Musk kian menggelembung dan sekaligus mengalahkan nilai kekayaan sejumlah tokoh yang masuk di daftar orang tertajir sejagat.

Elon Musk saat bersama mantan Presiden AS, Barrack Obama – dok.Twitter

Selain menyalip kekayaan mantan CEO Microsoft Corp dan co-founder Google, Larry Page dan Brin, musk juga menyisihkan Warren Buffet.

Seperti diketahui Buffet yang merupakan investor kawakan yang namanya kondang di dunia berkat kepiawaiannya dalam meracik strategi investasi, saat ini mengantongi kekayaan senilai US$ 68,6 miliar. Meski, nilai kekayaan para miliarder dunia ini kerap naik turun sesuai dengan kondisi yang mempengaruhi nilai aset-aset mereka, namun mereka masih orang-orang dengan kekayaan yang bejibun. (Fer/Ara)

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This