Joe Biden: Kursi Presiden AS dan Corvette Stingray 1967

Joe Biden: Kursi Presiden AS dan Corvette Stingray 1967
Joe Biden saat mengemudi Corvette 1967 koleksinya - dok.Istimewa via Guide Auto

Delaware, Motoris – Nama Joe Biden, dalam beberapa hari terakhir menjadi topik hangat yang diperbincangkan banyak orang di berbagai penjuru sudut planet bumi. Maklum, pria kelahiran Scranton, Pennsylvania 77 tahun lalu, ini adalah penantang Donald Trump – Presiden Amerika Serikat yang kini tengah menjabat – untuk memperebutkan kursi kepresidenan di masa jabatan 2021 – 2025.

Dan yang membuat perhatian publik dunia terbetot oleh Biden, adalah posisi perolehan suaranya – hingga detik ini – telah mengungguli suara Trumph di hampir semua negara bagian. “Biden telah menguasai suara di wilayah-wilayah kunci. Dia mendulang 7.248 suara, di saat jumlah total suara pemilih di seluruh negeri telah masuk 98%. Dia semakin mendekat ke Gedung Putih,” tulis The New York Times, Jumat (6/11/2020) petang atau Sabtu (7/11/2020) dini hari waktu Indonesia.

Namun, sisi lain yang tak kalah menarik dari pria yang juga mantan Wakil Presiden ke-47, mendampingi Presiden Barrack Obama pada tahun 2009 – 2017 itu, kecintaan kepada keluarga dan hobinya merawat mobil, khusunya Corvette Stingray 1967. Maklum, Corvette convertible itu merupakan hadiah perkawinan dari ayahnya.

Joe Biden saat berpidato – dok.Los Angeles Times

Pria bernama lengkap lengkap Joseph Robinette “Joe” Biden, Jr itu menikah dengan Neilia Hunter pada tahun 1966. Mereka dikaruniai tiga orang anak yakni Joseph R. III (Beau), Robert Hunter, dan Naomi.

Tapi, kehidupan bersama sang istri hanya berlangsung enam tahun. Neilia tewas bersama bayinya dalam sebuah kecelakaan mobil pada tahun 1972, atau saat Biden terpilih sebagai senator. Peristiwa itu sangat “memukul” Joe Biden, dia sangat sedih.

Joe Biden saat menyetor Corvette 1967 – dok.FoxNews

Corvette 1967 menjadi kesayangan
Biden yang kemudian menikah dengan Jill Tracy Jacobs dan dikaruniai satu anak – Ashley – terus menjaga mobil Corvette Goodwood-Green 1967 miliknya itu. Bahkan, di tengah kesibukannya sebagai seorang senator. Maklum, kenangan manis bersama mendiang itstri tercinta juga terpatri di mobil ini.

Lebih dari itu, Corvette memang mobil impiannya. Setidaknya, itulah pengakuan Biden saat diwawancarai sebuah media. Kala itu, yang telah menjadi pengacara kondang di Delaware ditanya soal mobil favorit atau impiannya oleh sang pewarta. “Saya memimpikan mobil Corvette model terbaru,” ucapnya.

Tak lama berselang Biden membelinya. Alumni Delaware Syracuse University College of Law ini memang memiliki kleksi sejumlah mobil mulai dari Ford 1956, Mercedes-Benz 190SL, hingga beberapa mobil model terkini besutan merek kondang dunia. Tapi, Corvette Stingray 1967 tetap menjadi tunggangan kesayangannya.

Joe Biden bersama Jay Leno berbincang dengan mantan Menteri Luar Negeri AS Colin Powel. Di belakang Biden dan Leno adalah Corvette 1967 koleksi Joe Biden – dok.CNBC.com

Kini, meski mobil itu telah berumur setengah abad lebih, tetapi kondisinya masih sangat prima. Maklum karena sangat terawat dengan baik. Mesin, eksterior dan interior tetap seperti sediakala.

Kecintaan Biden terhadap mobil-mobil lawas – khususnya Corvette itu– itu telah mengantarkannya menjalin persahabatan dengan pembawa acara TV kondang “Jay Leno’s Garage” Jay Leno. Berkat hobi yang sama pula, Biden juga bersahabat dengan mantan Menteri Luar Negeri, Colin Powel.

Joe Biden yang mengemudi Corvette 1967 bersama Jay Leno – dok.duPont Registry Daily

Apalagi kakek lima orang cucu ini masih kerap mengemudikan Corvette kesayangannya itu saban memiliki waktu senggang. Hobinya mengemudi, tak pernah luntur sejak masih muda hingga kini. Biden malah terbilang maniak berjalan-jalan dengan mobil.

Bahkan, ada sekelumit cerita yang terjadi ketika dia masih menjabat Wakil Presiden AS. Kala itu di tahun 2003, dia kucing-kucingan dengan para pengawalnya hanya demi bisa menyetir Corvette 1967 miliknya demi bisa bersantai menghirup udara segar tanpa pengawalan.

Mungkin, bagi Biden Corvette miliknya bukan sekadar tunggangan belaka. Dia menjadi teman setia selama menjalani perjalanan kehidupan. Termasuk, di saat masih bersama mendiang sang istri, Neilia Hunter. Lantaran itulah, dia sangat menyayangi mobil koleksinya itu. (Ara/Detroit Free Press, Los Angeles Times, The New York Times, Times, Chicago Tribune,Grand Tour Nation, EE News, Fox News).

CATEGORIES
TAGS
Share This