Gubernur Ridwal Kamil Jadikan Hyundai Ioniq sebagai Tunggangan Dinas

Gubernur Ridwal Kamil Jadikan Hyundai Ioniq sebagai Tunggangan Dinas
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama mobil Hyundai Ioniq listrik yang akan menjadi kendaraan dinas baru untuknya - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Selasa (29/12/2020) resmi menyerahkan tiga unit mobil listrik murni (BEV) Hyundai – yang terdiri dari dua unit Hyundai Ioniq dan satu unit Hyundai Kona – kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ketiganya akan digunakan sebagai mobil operasional dinas oleh pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Ini adalah momen yang sangat bersejarah. Saya sangat mengapresiasi serta mendukung inovasi berbasis teknologi khususnya mobil listrik dari Hyundai. Pada tahun 2021, kami akan mulai bertransformasi ke era listrik,” ujar Ridwan Kamil dalam keterangan resmi yang dirilis HMID, di Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Mantan Wali Kota Bandung itu menegaskan, dengan menggunakan mobil listrik Hyundai ini dirinya bisa mengajak dan menjadi contoh bagi warga Jawa Barat untuk mulai beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan listrik. Langkah itu sekaligus menjadi cara pemerintah provinsi Jawa Barat dalam mengapresiasi Hyundai yang telah berinvestasi membangun pabrik di Cikarang, Jawa Barat.

“Semoga dapat memberikan kontribusi lebih baik lagi bagi Indonesia. Sekali lagi, terima kasih atas dukungannya. Kami percaya, Hyundai akan sukses dengan produk mobil listriknya di Indonesia, serta sejalan dengan visi kami untuk menjadikan lebih banyak mobil yang ramah lingkungan di tahun-tahun mendatang,” tandas pria yang akrab disapa dengan Kang Emil itu.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil – dok.Istimewa via Covid19.go.id

Pria kelahiran Bandung 4 Oktober 1971 ini mengaku, penggunaan mobil listrik itu sekaligus menjadi cara Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi darat. “Sehingga kedepannya berkontribusi dalam menyukseskan program pemerintah dalam membangun ekosistem mobil listrik di Indonesia,” tegas arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung itu.

Presiden Direktur Hyundai Motors Indonesia, SungJong Ha yang turut hadir pada acara serah terima tersebut mengatakan, penyerahan mobil bersumber tenaga dari setrum ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi dua mobil buatan pabrikannya.

“Hari ini kami menyerahkan Ioniq Electric dan Kona Electric kepada Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Ioniq Electric dan Kona Electric di Indonesia setelah diluncurkan pada November lalu. Hal ini juga merupakan bagian dari komitmen kami untuk berkolaborasi dengan inisiatif Pemerintah Indonesia dalam mempercepat ekosistem mobil listrik di Indonesia,” ujar dia.

Serah terima Hyundai Ioniq dan Kona listrik kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diterima Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil – dok.Istimewa

Sung menegaskan, inisiatif pemerintah provinsi Jawa Barat itu menggenapi komitmen dari unsur pemerintahan, yakni Kementerian Perhubungan yang telah dan akan memanfaatkan mobil listrik murni sebagai mobil operasionalnya di tahun depan.

“Kami berharap kedepannya akan semakin banyak lagi pemangku kepentingan yang akan mendukung ekosistem mobil listrik murni dalam mewujudkan mobilitas masa depan dan teknologi ramah lingkungan,” imbuh Sung. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This