CEO Honda Motor Takahiro Hachigo Lengser

CEO Honda Motor Company, Takahiro Hachigo – dok.Istimewa


Tokyo, Motoris – Kabar baru tentang suksesi alias pergantian pimpinan tiba-tiba santer terdengar dari Honda Motor Company. Salah satu pabrikan otomotif terbesar di Jepang ini, Jumat (19/2/2021) mengumumkan rencana pengunduran diri alias lengsernya Chief Executive Officer (CEO)-nya, Takahiro Hachigo.

Seperti dilaporkan Reuters dan Business Express, Jumat (19/2/2021), pria kelahiran 19 Mei 1959 itu bakal lengser pada 1 April nanti. “Takahiro Hachigo akan mengundurkan diri dan menyerahkan kendali kepada Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan pabrikan, Toshihiro Mibe, pada 1 April nanti” tulis media itu mengutip pengumuman Honda Motor.

Hanya, tidak disebutkan alasan pengunduran diri ini. Apakah memang suksesi biasa atau ada sebab khusus karena peristiwa yang luar biasa. Honda hanya menyatakan akan ada konferensi pers di Jepang pada Jumat (19/2/2021) sore, waktu setempat.

Tetapi, pabrikan itu memastikan Hachigo masih akan tetap berada di jajaran dewan perusahaan, setelah mengakhiri kepemimpinan selama enam tahun. Pria lulusan Universitas Setagaya Tokyo itu mulai memegang tampuk pimpinan tertinggi Honda sejak tahun 2015.

Takahiro Hachigo – dok.AFP via getty image

Dia menggantikan Takanobu Ito sebagai CEO dan Representative Director, efektif sejak akhir Juni 2015. Sebelumnya, dia didapuk sebagai Senior Managing Officer efektif pada April 2015.

Selama enam tahun sebagai CEO, Hachigo berusaha menyederhanakan proses pengembangan kendaraan dengan menggabungkan beberapa operasi untuk mobil dan sepeda motor. Dia juga memangkas biaya dengan merampingkan jajaran model kendaraan Honda dan mengkonsolidasikan pabrik di dalam negeri Jepang maupun di luar negeri.

Hachigo juga memperluas kemitraan dengan General Motors. Termasuk kerja sama dalam pengembangan kendaraan listrik dan mobil berteknologi otonom.

Takahiro Hachigo – dok.Istimewa via Reuters

Di masa kepemimpinannya pula Honda fokus ke teknologi nol emisi. Pada tahun 2020 lalu, misalnya, Honda secara tegas menyatakan akan berhenti berpartisipasi sebagai pemasok mesin di Kejuaraan Dunia Formula Satu (FIA) pada akhir musim 2021. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This