Akio Toyoda Rogoh Kocek Pribadi Rp 650 Miliar, Suntik Woven City

Akio Toyoda-dok.Automotive News Europe


Tokyo, Motoris – Pada 29 Januari lalu, Toyota Motor Corporation (Toyota) meresmikan sebuah kota yang berbasis teknologi pintar yang kerap disebut sebagai silicon valley-nya Jepang. Salah satu bagian dari ekosistem di kota ini mobil listrik berteknologi otonom alias swakemudi yang menjadi sarana mobilitas (transportasi) di “kota pintar” bernama Woven City tersebut.

Kini berita terbaru yang dilansir Nikkei, Sabtu (26/6/2021) terkait dengan proyek itu adalah, President Toyota – Akio Toyoda – yang merogoh kocek pribadi (bukan dari kas pabrikan yang dipimpinnya) untuk berinvestasi di proyek itu. Dana yang dikucurkan Pak Toyoda nilainya mencapai 5 miliar yen atau sekitar Rp 652,4 miliar (kurs 1 yen = Rp 130,49).

“Investasi (Toyoda) di Woven Planet Holdings selama tahun fiskal terakhir (2020/2021) yang berakhir Maret lalu itu terungkap dalam laporan tahunan yang diajukan Kamis (24/6/2021) ke lembaga sekuritas (bursa saham),” tulis Nikkei.

Ilustrasi, konsep mobil swakemudi Toyota – dok.Business Insider

Woven City saat ini diketahui tengah mengerjakan proyek teknologi mobilitas mutakhir serta membangun prototipe untuk kota-kota generasi berikutnya yang akan ditenagai oleh sel bahan bakar hidrogen. Area ini berada di Tokyo, Jepang.

Sebelumnya, seperti dikutip Reuters, awal Februari lalu, Chief Executive Officer Woven City, James Kuffner, mengatakan tak lama lagi Toyota juga akan mengungkap mobil swakemudi untuk transportasi di kota itu. Namun, belum dijelaskan prototipe mobil tersebut.

Namun, yang pasti mantan ahli robotik Google itu tak memungkiri bahwa kehadiran Woven City merupakan kesiapan Toyota dalam menghadapi persaingan yang berbasis teknologi masa depan. Toyota ingin mengawinkan pendekatan Woven Planet Silicon Valley dengan proses manufaktur atau sistem produksi Toyota yang canggih.

Ilustrasi, logo Toyota – dok.Reuters

Dengan kata lain, Woven City juga sekaligus menjadi laboratorium bagi Toyota untuk mengembangkan produk canggih masa depan yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan zaman. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This