Bonus Bos Fiat-Chrysler Sergio Marchionne Sensasional

Bonus Bos Fiat-Chrysler Sergio Marchionne Sensasional

London, Motoris – PT Fiat Chrysler Autombiles (FCA) merupakan salah satu konsorsium alias prinsipal otomotif terbesar di dunia. DI bawahnya, bernaung berbagai merek ternama global, mulai dari ketangguhan Jeep di jalan off-road sampai eksotisnya si kuda jingkrak, Ferrari.

Pucuk pimpinannya, ada nama Sergio Marchionne yang mulai mengepalai perusahaan ini sejak 2009. Salah satu tugas beratnya adalah, mengembalikan keuntungan perusahaan yang kala itu lagi melangkah dari masa sulit, krisis ekonomi global 2008.

Kini, berkat tangan dinginnya, FCA berhasil mengembalikan keuntungan perusahaan. Alhasil, bonus yang sulit dibayangkan nilainya jadi ganjaran Marchionne. Kompensasi yang diperoleh begitu ganteng atas hasil kerja positif dalam beberapa tahun terakhir.

Sepanjang 2017 lalu, Marchionne mendapatkan bonus dan kompensasi US$ 12 juta alias Rp 164,04 miliar. Selain itu, ia juga menerima kucuran saham senilai US$ 36 juta pada Maret 2017, hasil bonus kolektif selama tiga tahun terakhir, yang terangkum dalam laporan keuangan perusahaan, seperti dilansir Bloomberg (20/2/2018).

Baca juga: Livia Cevolini, Dijuluki “Elon Musk” Wanita dari Italia

Lonjakan nilai saham FCA membuat kompensasi yang diperoleh Marchionne jadi kaya raya. Bahkan, penghasilannya ini menjadikan ia bukan sebagai profesional yang bekerja pada perusahaan otomotif, tetapi lebih mirip seperti pendiri sekaligus pemilik perusahaan.

Sampai saat ini, Marchionne memiliki saham FCA senilai US$ 362 juta (Rp 4,94 triliun). Belum termasuk di dalamnya masih ada saham Ferrari US$ 190 juta (Rp 2,59 triliun) dan CNH Industrial (produsen truk dan alat berat) US$ 169 juta (Rp 2,31 triliun).

Pria kelahiran Chieti, Italia ini, dilaporkan pernah menjual sepertiga dari 2,8 juta lembar saham kepunyaannya pada 2017 lalu, untuk membayar pajak. Tapi, masih ada 1,8 juta lembar saham yang dikuasainya, dan nilainya sekarang hampir US$ 40 juta (Rp 546,8 miliar). Artinya, nilai saham ini sekarang lebih mahal dari pertama kali diberikan perusahaan ke dia.

Bonus dan saham yang diberikan buat Marchionne merupakan hasil dari kerja kerasnya, meraih semua target dan program yang digulirkan sejak ia duduk sebagai nahkoda perusahaan. Menurut laporan keuangan FCA, nilai perusahaan saat ini menjadi yang terbaik di antara 10 prinsipal otomotif lain di dunia.

Marchionne mengaku siap pensiun pertengahan 2019 mendatang. Sebelumnya itu terjadi, ia bakal membeberkan strategi bisnis perusahaan jangka menengah, periode 2018-2022, pada 1 Juni 2018 mendatang. Buat pensiun, sepertinya om Sergio Marchionne sudah enggak perlu pusing soal biaya, mau ngapain aja bisa! (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS