Jurus Dongkrak Tenaga Motor Bermodal Busi

Jurus Dongkrak Tenaga Motor Bermodal Busi

Jakarta, Motoris – Busi merupakan salah satu komponen utama pada mesin kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor, karena fungsinya yang vital. Selama ini, banyak anggapan dengan modifikasi busi, maka bakal mampu mendongkrak tenaga, karena menghasilkan pengapian yang lebih besar, tetapi banyak yang salah.

Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano, menjelaskan, cara mudah meningkatkan performa mesin standar motor bisa dilakukan tanpa harus modifikasi busi, yang berujung masalah.

“Tidak perlu ubah atau potong elektroda busi apalagi menyetel sendiri tingkat kerapatannya. Setiap busi sudah memiliki standarnya, jadi cara seperti itu (memodifikasi) tidak tepat dan salah,” kata Diko kepada Motoris, belum lama ini.

Diko menyarankan bila ingin memaksimalkan performa mesin motor dengan busi, cara paling mudah adalah dengan memilih jenis busi yang dibutuhkan.

Baca juga: Jangan Asal Bongkar Pasang Busi, Ada Aturannya!

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Empat Warna Baru Yamaha XMAX.

Contoh, bila ingin mendapatkan pembakaran yang sempurna dan mencari titik api yang lebih baik, maka mudahnya dengan memilih bentuk eletroda busi. Selain itu, pemilik motor juga wajib memperhatikan pilihan material busi yang akan digunakan.

“Elektroda pada busi menentukan pembentukan titik api. Akan lebih baik bila didukung dengan material busi sendiri, jadi enggak perlu ubah-ubah konstruksi standar busi,” ucap Diko.

Guna mendapatkan nyala api yang lebih baik, bisa dilakukan dengan memilih busi yang menggunakan material logam mulia, sepeti Iridium atau model G-Power.

Namun begitu, pemilik motor tetap wajib memperhatikan kode busi yang digunakan.  Diko juga tidak menyarankan menggunakan busi racing pada motor harian, karena yang ada malah pemilik motor bisa dirugikan.

“Enggak perlu busi racing untuk motor harian, beda karakternya. Busi racing dirancang untuk performa mesin yang sudah besar bukan mesin standar jadi pasti tidak ketemu,” katanya. (Sql)

CATEGORIES
TAGS
Share This