Tiga Faktor yang Menyebabkan Mesin Motor Loyo

Tiga Faktor yang Menyebabkan Mesin Motor Loyo

Jakarta, Motoris – Banyak faktor yang mempengaruhi penurunan performa mesin sepeda motor. Apalagi para kelas pekerja yang mengandalkan transportasi ini setiap hari dari luar Ibu Kota, menempuh puluhan kilometer setiap hari untuk ativitas bekerja.

Beragam faktor tadi bisa datang dari eksternal maupun internal. Tapi, untuk motor yang mesinnya masih standar alias ‘ting-ting’ dari pabrikan, sebenarnya cukup memperhatikan tiga faktor utama.

“Pada dasarnya ada tiga hal faktor yang mempengaruhi performa dan juga menentukan mesin motor itu bisa hidup, yakni api, kompresi, dan bahan bakar. Sehingga sudah seharusnya komponen seperti busi, perawatan kompresi, dan penggunaan bahan bakar harus diperhatikan,” kata GM Aftermarket and Public Relation Yamaha Indonesia Motor Manufacturimg (YIMM) M. Abidin, beberapa waktu lalu.

Pada intinya, Abidin menyampaikan bahwa ketiga komponen sangat terikat satu dengan lainnya. Bila hanya fokus pada pengapian dalam hal ini busi, maka baiknya pemilik juga tidak lupa untuk mengecek tekanan kompresi pada mesin.

Baca juga: Jurus Dongkrak Tenaga Motor Bermodal Busi

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Menu & Daftar Harga Moge Honda di GIIAS 2018.

Perlu diketahui, seiring penggunaannya kompresi mesin bisa menurun karena ruang pembakaran yang kotor dipenuhi sisa kerak karbon. Belum lagi ditambah bila ada kebocoran yang membuat kompresi tak lagi padat.

Kotornya ruang pembakaran bisa disebabkan banyak hal, namun paling sering dikarenakan sisa pembakaran yang tidak sempurna. Untuk hal ini pemilik bisa menjaganya dengan menggunakan bahan bakar yang lebih berkualitas atau sesuai rekomendasi pabrikan.

“Jadi tidak cukup hanya berfokus pada busi, dua hal tadi juga harus diperhatikan. Sering ditemui itu sebenarnya karena bahan bakar yang digunakan tidak kompeten dengan teknologi dan kompresi mesin, sehingga timpang,” katanya. (Sql)

CATEGORIES
TAGS
Share This