Mulai Desember Ganjil-Genap Berlaku di Gerbang Tol Tambun

Mulai Desember Ganjil-Genap Berlaku di Gerbang Tol Tambun
Ilustrasi penerapan kebijakan pelat nomor ganjil genap - dok.Poskotanews.com

Jakarta, Motoris – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan memberlakukan aturan pelat nomor ganjil-genap bagi kendaraan bermotor roda empat yang hendak masuk gerbang tol Tambun menuju Jakarta mulai awal Desember nanti. Seperti halnya di gerbang tol Bekasi Barat, Cibubur, serta Kunciran, aturan tersebut berlaku pukul 06.00 – 09.00 WIB.

“Saat ini sedang dilakukan sosialisasi kepada masyarakat pengguna jalan tol. Sosialisasi dilakukan di gerbang tol Tambun, sampai akhir November nanti,” tutur Sekretaris BPJT, Hindro, dalam keterangan resmi, Rabu (22/11/2018).

BPJT, lanjut Hindro, juga menyediakan bus untuk mengangkut penumpang sebagai layanan kepada para pemilik mobil yang tidak bisa melintas jalur tol karena adanya aturan tersebut. Jumlah bus yang disediakan sebanyak 13 unit yang diparkir di sekitar area gerbang tol Tambun.

“Dengan adanya kebijakan ini, para pengguna kendaraan pribadi diharapkan beralih ke angkutan umum. Kita menyiapkan 13 unit bus,” ucap dia.

Ilustrasi pemeriksaan kendaraan di wilayah yang diberlakukan kebijakan pelat nomor ganjil-genap- dok.Sindonews.com

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyebut penerapan aturan ganjil-genap ermasuk di gerbang tol Tambun ini akan memiliki banyak manfaat. Terbukti, lanjut dia, peerapan aturan tersebut di sejumlah pintu tol telah memperkecil tingkat kepadatan kendaraan bermotor yang melintas hingga 30%.

Seiring dengan menurunkannya tingkat kepadatan tersebut, lanjut mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura I ini, maka laju kecepatan kendaraan yang melintas di jalan tol juga meningkat 30-40%.

“Dan yang paling penting, dengan penurunan kepadatan 30% tersebut berkaitan dengan tingkat emisi gas karbon dioksida (CO2). Artinya, dengan aturan ini banyak sekali manfaat yang diperoleh,” tutur Budi. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This