Sebulan Diberlakukan, Tilang Elektronik Jerat 258 Pelanggar

Sebulan Diberlakukan, Tilang Elektronik Jerat 258 Pelanggar
Ilustrasi, kamera pengawas jalan raya - dok.chichester Post

Jakarta, Motoris – Pemberlakuan sistem tilang elektronik (E-TLE) yang dimulai 1 November lalu dinilai cukup efektif. Setidaknya dalam waktu satu bulan sudah 258 pelanggar mendapatkan sanksi yang telah ditetapkan pengadilan.

“Mereka adalah pelanggar yang telah tertangkap oleh kamera tilang elektronik (electronic traffic law enforcement). Jadi, dengan fakta itu kita ingin samapikan kepada masyarakat bahwa apa pun pelanggarannya dan kapanpun tetap akan terdeteksi secara kurat,” tutur Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto saat dihubungi di Jakarta, Kamis (6/12/2018) pagi.

Menurutnya, dengan sitem elektronik itu pula, pelanggar tidak bisa mengelak seperti saat penindakan yang dilakukan secara langsung oleh petugas di lapangan. Pasalnya, aksi pelanggaran yang bersangkutan terekam dengan jelas oleh kamera dan kemudian bisa dicetak.

Rekaman itulah, kata Budiyanto, menjadi barang bukti yang kuat jika ada diantara pelanggar itu menggugat atau tidak terima. Memang, pada saat pelanggaran berlangsung sang pelanggar tidak dihentikan petugas atau mendapatkan surat tilang, tetapi STNK mereka diblokir.

Pemberitahuan tentang pemberlakuan tilang elektronik di salah satu sudut kota Jakarta – dok.Motoris

Kronologinya, kendaraan yang terdeteksi melakukan pelanggaran dan terekam kamera E-TLE akan diverifikasi oleh petugas di TMC Polda Metro Jaya untuk memastikan validitas jenis pelanggaran. Begitu pun dengan identitas kendaraan berikut nama pemiliknya.

Setelah itu, petugas akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat pemilik kendaraan melalui pos atau surat elektronik yang disertai foto bukti pelanggaran. Proses tersebut berlangsung tiga hari sejak pelanggaran terjadi.

Pelanggar wajib melakukan konfirmasi penerimaan lewat www.etle-pmj.info atau melalui aplikasi etle-pmj. Setelah itu, mereka beruruasan dengan pengadilan dan membayar denda melalui bank yang ditunjuk. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This