Penelitian: Suara Mesin Mobil Efektif Tenangkan Bayi

Penelitian: Suara Mesin Mobil Efektif Tenangkan Bayi
Ilustrasi, bayi dengan mainan mobil-mobilan dengan mesin yang tengah menderu - dok.Honda

Tokyo, Motoris – Para peneliti di Honda Motor Company menciptakan sebuah alat untuk menenangkan bayi yang rewel dengan rupa sebuah mainan berbentuk dan bersuara seperti mobil. Penonjolan suara mobil itu didasari fakta bahwa suara mesin mobil terbukti mampu membuat bayi tenang dan membuat mereka tak rewel lagi.

Seperti dilaporkan laman NHK dan Samaa.tv, akhir pekan lalu, para insinyur di Honda telah melakukan penelitian terhadap ratusan bayi. Pada saat mereka rewel, bayi-bayi itu diberi mainan dengan suara mesin mobil. Teryata, mayoritas dari mereka langsung diam dan tenang ketika mendengar suara tersebut.

“Bahkan, saat bayi-bayi berusia 6-18 bulan yang diteliti diberi mainan bernama sound sitter itu, 11 dari 12 langsung tenang dan diam. Sementara 7 diantara mereka menunjukan detak jantung yang tenang,” bunyi kesimpulan penelitian.

Para pakar mengatakan, bayi-bayi itu merasa tenang setelah mendengar suara mobil karena frekuensi rendah dari suara mesin mirip dengan apa yang bayi dengar di dalam rahim. Honda pun kemudian mengundang ibu-ibu yang memiliki bayi untuk membuktikan hal tersebut, ternyata hasilnya sama persis dengan penelitian.

Honda NSX, suara mesinnya disebut paling efektif menenangkan bayi yang rewel – dok.Autocar

Ada 37 suara dari mobil-mobil Honda yang diteliti. Namun, dari jumlah tersebut suara mesin Honda NSX disebut sebagai suara mesin yang paling efektif menenangkan bayi.

Seorang pejabat hubungan masyarakat di Honda menyarankan agar orang tua mencoba menghibur bayi mereka dengan memainkan suara mesin di smartphone mereka. Hanya, hingga kini belum ada pernyataan kapan mainan tersebut bakal diproduksi massal dan dipasarkan. (Ara)
.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This