Mengatasi Kantuk yang Mendera Saat Berkendara

Mengatasi Kantuk yang Mendera Saat Berkendara
Ilustrasi mengantuk saat menyetir mobil - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Berlibur akhir tahun hingga awal-awal tahun baru akan lebih menyenangkan jika menggunakan mobil pribadi bersama keluarga. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan selain kelayakan keamanan dan kenyamanan mobil, yakni kesiapan kondisi tubuh termasuk bagaimana menyiasati jika tubuh lelah dan mengantuk.

Seperti diungkapkan Intruktur Indonesia Defensive Driving Center, Adrianto Sugiarto, yang dihubungi beberapa wakru lalu, penyebab kecelakaan terbanyak di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir adalah faktor manusia. Selain ketidakcakapan dalam mengendalikan kendaraan, yang termasuk dalam faktor ini adalah kecerobohan – seperti melanggar rambu atau aturan – serta mengantuk.

“Faktor perilaku manusia atau human error menjadi faktor terbesar penyebab kecelakaan. Bahkan, data Korlantas (Korps Lalu-lintas Polri) menunjukan faktor kondisi atau teknis kendaraan hanya 6% saja menjadi penyebab (kecelakaan),” tuturnya, Senin (26/11/2018) lalu.

Pernyataan serupa dungkapkan penggiat safety drivin, Hery Kristanto, kepada Motoris, di BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, belum lama ini. Menurutnya, mengantuk juga menjadi penyebab kecelakaan yang kerap terjadi.

Minum kopi sebagai salah satu cara menghilangkan rasa kantuk – dok.hoffmanpersonalinjury.com

Untuk itu, Hery memberi saran agar orang yang hendak mengemudi jarak jauh menyiapkan diri atau melakukan sejumlah langkah ini. Pertama, beristirahat yang cukup minimal tujuh jam sebelum menyetir mobil jarak jauh.

Kedua, hindari meminum obat-obatan yang memberi efek mengantuk. Ketiga, banyak minum vitamin atau mengonsumsi buah karena vitamin dalam buah memberikan dampak meningkatnya daya tahan tubuh.

“Sebaiknya juga tidak banyak mengonsumsi karbohidrat, Karena konsumsi karbohidrat yang banyak justeru memicu munculnya rasa kantuk,” kata dia.

Keempat, minum kopi akan lebih baik. Sebab, kafein di kopi mbisa memicu kinerja jantung sehingga sirkulasi darah meningkat dan menjadikan peminumnya tak cepat mengantuk.

Makan buah akan meningkatkan daya tubuh dan tak mudah mengantuk – dok.Pixabay

Kelima, jika rasa kantuk menyerang pada saat mobil tengah melaju di jalan, sebaiknya menepikan mobil di tepi jalan yang aman dan beristirahat, Alangkah baik jika beristirahat di rest area yang memiliki ruang lapang, sehingga sempatkan menggerakan badan setelah beristirahat 15-20 menit.

Keenam, dengar musik dengan alunan yang tidak terlalu lembut dan tidak juga bernada cadas. Dan bila perlu, sesekali bukalah jendela mobil agar udara segar dari uar kendaraan masuk ke kabin. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This