Warga Jabar Sudah Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Minimarket

Warga Jabar Sudah Bisa Bayar Pajak Kendaraan di Minimarket
Ilustrasi STNK dan BPKB - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Masyarakat Jawa Barat, terhitung sejak Kamis (4/1/2019) kemarin  sudah bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di minimarket, Bank Jabar, dan situs jual beli online seperti Bukalapak dan Tokopedia melalui aplikasi Sambara. Kini, petugas tetap terus menggalakan sosialisasi.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono, mengatakan dengan cara baru tersebut, masyarakat bisa melakukan pembayaran pajak lebih dekat dengan tempat tinggal. Sistem baru ini pertama kali diperkenalkan pada akhir 2018 lalu.

“Jadi tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Samsat, meskipun pengesahannya harus tetap datang ke Samsat atau bank Jabar,” ungkap Prahoro belum lama ini.

Namun, kata Prahoro, proses pembayaran pajak motor dan mobil hanya untuk periode tahunan. Sedangkan untuk pajak lima tahun atau ganti pelat, tidak bisa dilakukan dengan sistem tersebut.

Ilustrasi, STNK – dok.Motoris

“Kalau ganti pelat tetap harus ke datang ke Samsat, karena kalau di minimarket hanya melakukan pembayaran tahunan saja, dan juga hanya diberikan struk pembayarannya saja,” kata Prahoro.

Usai dapat bukti pembayaran, pemilik kendaraan bermotor itu diberikan batas waktu hingga satu pekan ke depan untuk segera datang ke Samsat atau Bank Jabar terdekat, untuk melakukan pengecapan atau pengesahan di STNK.

“Tetapi itu bisa lebih mudah dan praktis apalagi hari biasa sibuk dengan kerja, sehingga bisa melakukan pembayaran dulu dan dalam waktu dekat kita akan melakukan grand launching di Bandung,” ujar Prahoro.

Kini, kata Prahoto, pihaknya terus menggalakan sosialisasi kepada masyarakat tentan sistem baru tersebut. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This