Begini Cara Mengemudi yang Aman di Jalan Tol

Begini Cara Mengemudi yang Aman di Jalan Tol
Ilustrasi mengemudi di jalan tol - dok.Carsip.com

Jakarta, Motoris – Perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur kini semakin mudah dan cepat berkat keberadaan Tol Trans Jawa. Namun, dengan semakin panjangnya perjalanan di jalan tol  – apalagi dengan banyak di trek lurus – memerlukan kewaspadaan dan trik tersendiri agar tak bosan atau mengantuk yang berakibat fatal.

Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, perjalanan di trek lurus sangat berpotensi menjadikan perjalanan membosankan dan membuat pengemudi cepat lelah secara psikis. Lantaran itulah, kata Jusri, mereka wajib istirahat setiap dua atau tiga jam sekali.

Sia menyarankan agar pengemudi melakukan hal yang membuat tubuh menjadi rilek. “Misalnya tidur, makan atau minum sampai kondisi badan benar-benar pulih lagi dan siap untuk melanjutkan perjalanan,” tutur Jusri di Jakarta belum lama ini.

Selain itu, apabila akan melakukan perjalanan jauh usahakan malam hari atau hari sebelumnya jangan begadang. Porsi tidur harus cukup, yaitu sekitar tujuh hingga delapan jam.

Ilustrasi mengantuk saat menyetir mobil – dok.Istimewa

“Kalau tidak, nanti akan cepat ngantuk lagi. Apalagi nyetir di jalan yang lurus dengan kecepatan konstan, itu jelas akan ngantuk sekali,” kata dia.

Jusri juga menyarankan agar selalu fokus selama di perjalanan, jangan sambil main ponsel karena bisa mengganggu daya pikir ketika mengemudi. Menyalakan musik kesukaan tidak masalah, tetapi jangan sampai mengganggu pendengaran mobil di sekitar.

“Jadi harus fokus, kalau tidak fokus itu juga yang akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” imbuh Jusri.(Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This