Cara Mudah Cegah Jamur di Kaca Mobil

Cara Mudah Cegah Jamur di Kaca Mobil
Ilustrasi, membersihkan jamur di kaca mobil - dok.YouTube

Jakarta, Motoris – Salah satu permasalahan yang kerap muncul saat musim hujan adalah timbulnya water spot alias jamur di kaca mobil. Padahal, sejatinya, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Seperti dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, pada saat hujan mengguyur potensi munculnya jamur di kaca sangat tinggi dikarenakan sifat asam air hujan. Dengan tingkat keasaman air hujan yang tinggi plus debu atau kotoran yang berupa partikel-partikel menempel di kaca, maka reaksi kimia pun terjadi.

“Sehingga ketika kering, hasil reaksi kimia itu menjadi semacam titik-titik halus yang menempel kuat di kaca. Irulah yang dinamai water spot atau jamur kaca. Jika dibiarkan akan mengganggu pandangan kita saat mengemudi,” tutur Agung belum lama ini.

Untuk mengantisipasi munculnya jamur setelah mobil setelah terkena guyuran air hujan cukup sederhana. Caranya, basuh kaca yang terkena air hujan dengan air biasa yakni bisa dengan air sumur atau air PAM di rumah.

“Setelah diguyur sampai bersih, kemudian lap dengan kain bersih yang lembut atau kanebo. Lap sampai benar-benar kering,” jelas Agung.

Namun, jika guyuran air hujan kerap terjadi dan Anda malas atau tidak ada waktu untuk segera mengguyurnya dengan air bersih, maka sebaiknya dibersihkan di salon mobil. Atau, memperbanyak frekwensi pencucian di tempat cuci mobil.

“Misalnya, jika sebelumnya sekali sepekan ke tempat pencucian mobil, maka di waktu hujan dua atau bahkan tiga kali mencuci mobil,” saran Agung. (Kpr)

CATEGORIES
TAGS
Share This