Yakin Gaes, Ngecas Power Bank di Mobil Bisa Meledak?

Yakin Gaes, Ngecas Power Bank di Mobil Bisa Meledak?

Jakarta, Motoris – Bicara soal ponsel, sekarang ini sudah menjadi kebutuhan pokok mayoritas warga perkotaan di Indonesia. Intensitas penggunaan ponsel, terciptalah power bank, untuk menyuplai tenaga ketika lowbat. Bicara power bank dan dunia otomotif, ada kabar mengatakan kalau salah memperlakukannya, berpotensi menyebabkan mobil bisa meledak. Apa betul?

Jadi, baru-baru ini ada kabar yang mengatakan, kalau soket pengisian daya pada mobil tidak boleh digunakan mengisi daya power bank. Jika dilakukan, katanya berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek, terutama ketika power bank sudah tersisi penuh dan lupa dicabut oleh pengendara.

Banyak berpendapat saat power bank sudah terisi penuh atau mengalami situasi over charge, arus listrik akan kembali ke soket atau sistem kelistrikan pada mobil. Dalam kondisi tersebut, memungkinkan terjadi korseleting yang berpotensi sangat berisiko.

Ketika Motoris mengkonfirmasikan hal tersebut kepada Muhammad Zuhdi, selaku Senior Manager Service Division PT Honda Prospect Motor (HPM). Dirinya tidak membenarkan soal hal tersebut.

Baca juga: Head Unit Pintar Pioneer, Cocok buat Mobil Retro

Aktivitas cas ponsel dan gadget di mobil sudah jadi budaya baru di Indonesia. dok Snapdeal

Menurutnya, mobil modern saat ini sudah menggunakan arus listrik tertentu yang bisa memutuskan arus ketika aliran listrik yang digunakan sudah penuh mengisi daya, dalam hal ini seperti ponsel dan termasuk power bank. Jadi, kalau sampai mengakibatkan mobil bisa meledak, agak terlalu dramatisir.

“Aman-aman saja, enggak masalah. Sistem kelistrikan mobil saat ini sudah direct current (DC) bukan alternating current (AC). Jadi kalau DC itu harusnya lebih aman, karena akan memutuskan arus bila sudah penuh, jadi tidak lagi arus bolak-balik,” katanya.

Lebih lanjut, Zuhdi menjelaskan, pada dasarnya pengisian baterai apapun yang menggunakan soket di dalam mobil dengan arus DC tidak akan berpotensi menyebabkan korseleting. Ketika baterai sudah penuh, otomatis sistem kelistrikan akan berhenti menyuplai arus dan menutup adanya kemungkinan arus balik.

Menurutnya, hingga saat ini tidak ada kasus mobil baru yang terbakar atau meledak karena over charge pada power bank atau gadget lainnya. “Sampai sekarang tidak ada yang sepeti itu, mau di cas sampai penuh dan lupa cabut otomatis akan putus sendiri aliran listriknya,” ucapnya. (Sql)

 

Follow us or just click, for more cool graphics…

CATEGORIES
TAGS
Share This