Lima Pengecekan di Mobil yang Wajib Dilakukan Sebelum Mudik

Lima Pengecekan di Mobil yang Wajib Dilakukan Sebelum Mudik
Ilustrasi, servis mobil di sebuah bengkel di Kota Tangerang - dok.Motoris

Tangerang, Motoris – Prosesi perjalanan mudik lebaran – yang mungkin menempuh perjalanan jauh hingga ujung pulau Jawa atau Sumatera- tentu sangat diharapkan berlangsung aman dan nyaman. Lantaran itulah, bagi pemudik yang mengunakan kendaraan pribadi, menyiapkan mobilnya sebelum waktu keberangkatan tiba adalah wajib hukumnya.

Terlebih, jika mobil yang mereka gunakan adalah mobil yang telah lama digunakan, atau paling tidak tiga atau lima tahun ke atas, ketika masa garansi dari pabrikan telah habis. Memang, kalau ukurannya umur mobil bisa relatif ya, karena tergantung pemakaian.

“Bisa saja, mobil yang relatif baru tetapi kalau cara pemakaiannya ceroboh bisa saja “penyakitnya” banyak. Karena itu, kita pakai ukuran pemakaian mobil saja, yakni bagi mobil yang telah digunakan lebih dari 50.000 kilometer,” tutur Kepala Mekanik Oto Klinik, Ciledug, Tangerang, Suhaemi, saat ditemui, Rabu (15/5/2019).

Dengan pemakaian yang sejauh itu, uumnya mobil telah memerlukan perhatian esktra. Sebab, ada beberapa bagian komponen atau parts telah masanya untuk diganti juga sangat mungkin. Atau bahkan, ada masalah dengan mesin.

Oleh karena itu, menjelang mudik lebaran kali ini, Suhaemi memberi masukan tentang beberapa hal yang perlu diperiksa, diservis, atau bahkan bila perlu diganti.

Ilustrasi pemasangan aki kering di mobil – dok.technician academy

Pertama, lakukan general check up mesin. Dalam hal ini bengkel tempa akan melakukan pemeriksaan mesin, drive train, chassis, hingga sistem kelistrikan mobil, termasuk yang utama adalah aki mobil.

Dengan melakukan pemeriksaan ini, mekanik sekaligus akan mengecek oli mesin, minyak rem, minyak power steering, oli transmisi, hingga air radiator. Bahkan kondisi radiator plus motor kipas dan kipas pendinginnya.

Kedua, cek semua kondisi dan fungsi lampu. Mulai dari lampu utama, lampu belakang, lampu sein, lampu kabut, hingga lampu di kabin. Keberadaan lampu dengan kondisi oke bukan hanya penting dalam perjalanan di malam hari, tetapi juga untuk sinyal komunikasi dengan pengguna kendaraan atau pengguna jalan lain.

Ketiga, cek bagian kaki-kaki mobil dan rem. Kaki-kaki mobil bukan hanya penting untuk kenyamanan saat mobil diajak bermanuver, tetapi juga menyangkut masalah keamanan berkendara.

Ilustrasi spooring roda – dok.darellscarcarellc

“Jika ada kebunyian di bagian kaki-kaki, atau saat mobil dikendarai tidak enak, artinya ada masalah di kaki-kaki. Jika ternyata kondisi kaki-kaki oke, cukup dilakukan spooring dan balancing roda saja,” saran Suhaemi.

Bagian penting lainnya yang perlu dicek adalah perangkat sistem pengereman. Bila perlu mintalah mekanik bengkel memastikan kondisi kanvas atau cakram rem. Jika kondisi masih 50:50, sebaiknya diganti saja.

Keempat, wiper dan reservoir air wiper. Meski terlihat sepele, keberadaan wiper sangat penting untuk membersihkan kaca, jika saat kaca mobil terkena debu tebal.

Terlebih, jika tiba-tiba hujan deras mengguyur saat Anda dalam perjalanan. Terpaan air hujan di kaca akan sangat mengganggu pandangan jika tak disapu dengan wiper. Walhasil, potensi bahaya pun mengancam.

Kisi-kisi AC mobil juga harus sering dibersihkan dari debu-debu yang menempel – dok.Istimewa

Kelima, pastikan AC dalam keadaan baik. Sebab, bisa dibayangkan betapa tidaknyamannya ketika dalam perjalanan dengan cuaca yang terik, tiba-tiba AC tidak berfungsi. Sementara, jika kaca mobil dibuka debu-debu beterbangan yang diterpa angin masuk ke kabin mobil.

“Ketidaknyamanan bisa mengganggu mood berkendara. Jika mood kurang baik, akan menyebabkan kelelahan fisik. Orang yang lelah dan dipaksakan mengemudi bisa berbahaya. Dan satu hal lagi, jika Anda ingin tampil percaya diri, perhatikan pula tampilan interior mobil. Sebaiknya dipoles sebelum mudik,” papar Suhaemi. (Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This